Praktis dan Aman, Belanja Spare Parts Online

31-July-2018

Category : Mesin
Praktis dan Aman, Belanja Spare Parts Online

Sekarang butuh apa saja, bisa didapat dengan cepat dan mudah, online shop. Dari makanan, baju, benda elektronik sampai spare parts motor. Dengan gadget, tak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga untuk jauh-jauh ke pusat onderdil atau toko aksesori.

Seperti di pusat sparepart Kebon Jeruk 3 Jakarta atau Kemayoran, pilihan online shop untuk belanja sparepart pun sangat banyak. Sebagaimana belanja di pasar atau pusat sparepart motor, belanja online pun perlu strategi agar aman dan optimal. Apalagi karena saat belanja online, penjual dan pembeli tidak bertatap muka langsung, spare parts motor yang ingin dibeli juga tidak dilihat atau dipegang langsung. 

 

Pahami Produk

Pastikan paham betul sparepart motor yang akan dibeli. Dari merek, tipe hingga spesifikasi, sehingga tidak salah beli. Baca deskripsi produk dengan cermat. Jangan hanya mengandalkan bentuk atau tampilan visual, karena bisa jadi sekilas terlihat sama, ada perbedaan spesifikasi, ukuran sampai material.

 

Pilih Online Shop Terpercaya

Pastikan belanja di website atau online shop terpercaya, jangan mudah tergoda iklan yang muncul di Google atau social media. Cari informasi lengkap sebelumnya. Dari internet, forum sampai pengalaman orang yang pernah membeli dari online shop tersebut. Cari profil jelasnya, cek sosial medianya apakah aktif atau tidak, dan memiliki alamat kantor yang jelas. Situs yang aman biasanya punya gambar gembok di baris status (status bar) browser.

 

Tawaran Murah atau Diskon

Jangan mudah tergoda tawaran harga murah, yang ada di online shop, apalagi sampai meminta ID dan password. Tawaran ini umumnya datang lewat e-mail atau SMS. Ini biasanya kerjaan spammer. Mereka bisa mengirim e-mail yang seolah-olah datang dari perusahaan terpercaya. Cek di situs online shop resmi tersebut atau customer service. Kunjungi situs online shop resmi langsung ke situs mereka, jangan masuk via e-mail atau jendela pop-up.

 

Mudah Dihubungi, Pelayanan Baik

Pastikan online shop tersebut punya Customer Service yang mudah dihubungi, responsif dan memberi informasi yang dibutuhkan konsumen. Sehingga konsumen tahu proses pembelian sparepart motor yang dilakukannya.

 

Harga Sesuai Etalase

Cek lagi, harga tidak berubah-ubah, sesuai dengan gambar atau etalase di online shop. 

 

Metode Transaksi Aman

Berbelanjalah di online shop yang menyediakan metode transaksi aman. Cek nomor rekening yang disediakan. Pilih online shop yang menggunakan nama rekening bank sesuai nama online shop atau perusahaan. Lakukan konfirmasi dengan customer service sebelum melakukan pembayaran. Ketika diminta memasukkan informasi nomor kartu kredit, lihat alamat situs web. Alamat situs web aman seharusnya berubah dari http ke ‘https’, artinya informasi pembayaran telah dilindungi.

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products