Jangan Bingung, Ini Ragam Bentuk dan Kode Warna Sekring Mobil

22-January-2019

Category : Perlistrikan
Jangan Bingung, Ini Ragam Bentuk dan Kode Warna Sekring Mobil

Sekring atau fuse memiliki fungsi untuk memutus arus listrik yang melewatinya, jika terjadi korsleting secara tiba-tiba.

Prinsipnya, sekring akan memutus arus listrik jika terjadi kelebihan arus listrik yang melewatinya dan mencegah kabel terbakar. Meski bentuknya kecil, sekring merupakan alat pengaman kelistrikan paling efektif pada kendaraan.

Sekring sendiri memiliki berbagai macam bentuk. Mulai dari sekring cartridge berbahan keramik, sekring tabung yang bagian tengahnya menggunakan tabung kaca yang banyak digunakan mobil-mobil era ’80-an, sampai sekring blade atau sekring tancap yang digunakan mobil-mobil modern saat ini.

Sekring blade muncul karena sistem kelistrikan mobil semakin komplek dan kebutuhan arusnya semakin besar.Pada sekring blade diberikan tanda angka kapasitas dan kode warna sekring yang memudahkan untuk identifikasi.Contohnya warna coklat kekuning-kuningan kapasitasnya 5 Ampere (5A), coklat 7,5A, merah 10A, biru 15A, kuning 20A, bening 25A, dan hijau 30A.

Selain itu ada juga sekring kotak. Sekring kotak ini serupa dengan model tancap, tapi dimensinya lebih besar dan dilengkapi jendela pemantau di bagian atasnya. Sekring kotak juga memiliki kode warna sekring untuk memudahkan identifikasi. Misalnya 30 Ampere (30A) warna merah muda, hijau 40A, merah 50A, kuning 60A, hitam 80A, dan biru 100A.

Jenis terakhir adalah sekring pelat. Sekring pelat biasa digunakan sebagai pengaman pada arus listrik utama.Makanya sekring pelat ini memiliki kapasitas Ampere yang besar, biasanya di atas 30 A.Kapasitasnya sendiri dapat dilihat di bawah pelat penghubung. Sekring jenis ini dilengkapi pelindung dari plastik hitam, dengan pemasangannya agak sulit, karena pelat penghantar arus diikatkan ke kedua kutubnya dengan baut.

Foto: Shutterstock/Nor Gal
 

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products