02-October-2018
Category : PengeremanKampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.
Terlebih untuk motor yang tidak didukung engine brake seperti skutik. Untuk menghentikan motor atau mengurangi kecepatan, sepenuhnya bergantung pada rem. Kualitas kampas rem mesti selalu dijaga. Tak hanya memilih produk berkualitas, tapi juga paham dan tepat bertindak saat mesti ganti kampas rem.
Tak ada patokan pasti, berapa lama kita mesti ganti kampas rem. Usia kampas rem ditentukan oleh pemakaian dan gaya berkendara. Makin sering dipakai, makin sering mengerem apalagi sampai tarik atau injak rem dalam-dalam, makin pendek umurnya. Tapi sebenarnya, indikasinya bisa diamati dan motor memberikan sinyal yang sangat jelas saat kampas rem mulai menurun kualitas dan kinerjanya, atau habis dan mesti ganti kampas rem baru.
Ketebalan Kampas Rem
Tanda-tanda kampas rem mesti segera diganti bisa dilihat dari ketebalannya, saat mulai menipis. Tapi kalau kampas rem boros, jangan buru-buru salahin kampas rem yang jelek. Bisa jadi piringan atau tromol roda yang perlu diganti juga. Gesekan diantara tromol dan kampas rem lama-lama akan membuat piringan atau tromol terkikis juga.
Apalagi kalau kampas rem sudah habis, tapi tidak segera diganti. Kampas rem yang menipis atau hampir habis, permukaannya jadi lebih keras. Jika terus dipakai, maka spareparts yang keras ini yang akan terus bergesekan dengan piringan atau tromol sehingga menipis atau diameternya mekar.
Melengkung
Untuk motor dengan rem tromol, indikasi kampas rem mulai menipis bisa diamati dari permukaan kampas, bentuknya melengkung. Kalau permukaan bagian paling atas sudah tipis, jadi tidak melengkung lagi. Batas ketebalan idealnya sekitar 1,5 milimeter, lebih dari itu mesti diganti.
Pengereman Makin Dalam
Tanda-tanda kampas rem minta pensiun bisa dirasakan di setiap pengereman. Kalau untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan mesti menekan tuas rem dalam-dalam, lebih dalam dari biasanya, ini pertanda mesti ganti kampas rem. Apalagi kalau saat pengereman sampai terasa ngeblong. Selain itu, cek level minyak rem. Kalau posisinya di bawah tulisan lower level, ini merupakan tanda kampas rem mulai menipis.
Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.
Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.
Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.
Selama ini banyak salah kaprah soal penggunaan rem ABS (Anti-lock Braking System) di mobil-mobil modern. Sistem rem anti mengunci tersebut dipahami untuk memperpendek jarak pengereman, tidak sedikit pengemudi yang terlalu percaya diri dengan mengabaikan jarak pengereman dengan kendaraan di depan.