Ganti Kampas Rem, Agar Tak Nyelonong

02-October-2018

Category : Pengereman
Ganti Kampas Rem, Agar Tak Nyelonong

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Terlebih untuk motor yang tidak didukung engine brake seperti skutik. Untuk menghentikan motor atau mengurangi kecepatan, sepenuhnya bergantung pada rem. Kualitas kampas rem mesti selalu dijaga. Tak hanya memilih produk berkualitas, tapi juga paham dan tepat bertindak saat mesti ganti kampas rem. 

Tak ada patokan pasti, berapa lama kita mesti ganti kampas rem. Usia kampas rem ditentukan oleh pemakaian dan gaya berkendara. Makin sering dipakai, makin sering mengerem apalagi sampai tarik atau injak rem dalam-dalam, makin pendek umurnya. Tapi sebenarnya, indikasinya bisa diamati dan motor memberikan sinyal yang sangat jelas saat kampas rem mulai menurun kualitas dan kinerjanya, atau habis dan mesti ganti kampas rem baru.

Ketebalan Kampas Rem 
Tanda-tanda kampas rem mesti segera diganti bisa dilihat dari ketebalannya, saat mulai menipis. Tapi kalau kampas rem boros, jangan buru-buru salahin kampas rem yang jelek. Bisa jadi piringan atau tromol roda yang perlu diganti juga. Gesekan diantara tromol dan kampas rem lama-lama akan membuat piringan atau tromol terkikis juga. 

Apalagi kalau kampas rem sudah habis, tapi tidak segera diganti. Kampas rem yang menipis atau hampir habis, permukaannya jadi lebih keras. Jika terus dipakai, maka spareparts yang keras ini yang akan terus bergesekan dengan piringan atau tromol sehingga menipis atau diameternya mekar.

Melengkung 
Untuk motor dengan rem tromol, indikasi kampas rem mulai menipis bisa diamati dari permukaan kampas, bentuknya melengkung. Kalau permukaan bagian paling atas sudah tipis, jadi tidak melengkung lagi. Batas ketebalan idealnya sekitar 1,5 milimeter, lebih dari itu mesti diganti. 

Pengereman Makin Dalam
Tanda-tanda kampas rem minta pensiun bisa dirasakan di setiap pengereman. Kalau untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan mesti menekan tuas rem dalam-dalam, lebih dalam dari biasanya, ini pertanda mesti ganti kampas rem. Apalagi kalau saat pengereman sampai terasa ngeblong. Selain itu, cek level minyak rem. Kalau posisinya di bawah tulisan lower level, ini merupakan tanda kampas rem mulai menipis.

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products