Memilih Brake Shoe Berkualitas

05-August-2018

Category : Pengereman
Memilih Brake Shoe Berkualitas

Spareparts rem yang berkualitas, merupakan kunci keselamatan berkendara. Karena spareparts rem yang berkualitas inilah yang menjamin kinerja rem. Salah satu komponen terpentingnya adalah brake shoe.

Brake shoe dalam bahasa Indonesia berarti kampas rem tromol atau drum. Brake shoe merupakan spareparts pada rem tromol yang bergesekan dengan tromol untuk menghasilkan daya pengereman. Gesekan dengan sisi tromol bagian dalam inilah yang kemudian menahan putaran tromol dan memperlambat atau menghentikan kendaraan.  

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih kampas rem tromol yang berkualtas. Elemen terpenting tentu saja, material. Kampas rem tromol terbuat dengan material utama asbestos. 

Apakah yang non-asbestos jaminan kualitas dan kinerja rem yang lebih baik? Ternyata tidak, karena kualitas brake shoe juga ditentukan oleh rangka atau bodynya. Perhatikan material rangka atau body brake shoe.  Bagian ini harus terbuat dari bahan yang menyerap panas, sehingga performa pengereman lebih terjaga.

Semakin banyak material aluminium yang dipakai akan semakin kuat dan mudah melepas panas. Body brake shoe Indoparts terbuat dari aluminium alloy. Komposisi material brake shoe Indoparts memiliki performa sesuai standard spareparts genuine atau ori. Body aluminium alloy membuat brake shoe Indoparts tahan karat, ringan dan kuat. 

Elemen kedua yang mesti diperhatikan adalah brake pad yang mumpuni. Pad pada brake shoe Indoparts memiliki daya cengkram yang kuat dan tidak menimbulkan suara pada saat pengereman

Selain material, perhatikan harga dan kelengkapan varian. Brake shoe Indoparts harganya sangat bersahabat. Sudah begitu, Indoparts memiliki varian disc pad yang cukup lengkap untuk berbagai macam merk dan tipe sepeda motor.  “Rem non asbestos biasanya 50% lebih mahal dibanding rem asbestos,” kata Harry Suwondo dari Indoparts.  

Jadi, jangan sampai salah pilih ya…

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products