Memilih Brake Shoe Berkualitas

05-August-2018

Category : Pengereman
Memilih Brake Shoe Berkualitas

Spareparts rem yang berkualitas, merupakan kunci keselamatan berkendara. Karena spareparts rem yang berkualitas inilah yang menjamin kinerja rem. Salah satu komponen terpentingnya adalah brake shoe.

Brake shoe dalam bahasa Indonesia berarti kampas rem tromol atau drum. Brake shoe merupakan spareparts pada rem tromol yang bergesekan dengan tromol untuk menghasilkan daya pengereman. Gesekan dengan sisi tromol bagian dalam inilah yang kemudian menahan putaran tromol dan memperlambat atau menghentikan kendaraan.  

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih kampas rem tromol yang berkualtas. Elemen terpenting tentu saja, material. Kampas rem tromol terbuat dengan material utama asbestos. 

Apakah yang non-asbestos jaminan kualitas dan kinerja rem yang lebih baik? Ternyata tidak, karena kualitas brake shoe juga ditentukan oleh rangka atau bodynya. Perhatikan material rangka atau body brake shoe.  Bagian ini harus terbuat dari bahan yang menyerap panas, sehingga performa pengereman lebih terjaga.

Semakin banyak material aluminium yang dipakai akan semakin kuat dan mudah melepas panas. Body brake shoe Indoparts terbuat dari aluminium alloy. Komposisi material brake shoe Indoparts memiliki performa sesuai standard spareparts genuine atau ori. Body aluminium alloy membuat brake shoe Indoparts tahan karat, ringan dan kuat. 

Elemen kedua yang mesti diperhatikan adalah brake pad yang mumpuni. Pad pada brake shoe Indoparts memiliki daya cengkram yang kuat dan tidak menimbulkan suara pada saat pengereman

Selain material, perhatikan harga dan kelengkapan varian. Brake shoe Indoparts harganya sangat bersahabat. Sudah begitu, Indoparts memiliki varian disc pad yang cukup lengkap untuk berbagai macam merk dan tipe sepeda motor.  “Rem non asbestos biasanya 50% lebih mahal dibanding rem asbestos,” kata Harry Suwondo dari Indoparts.  

Jadi, jangan sampai salah pilih ya…

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products