6 Penyebab Motor Ngambek, Tak Mau Hidup

19-November-2018

Category : Perlistrikan
6 Penyebab Motor Ngambek, Tak Mau Hidup

Menghidupkan motor yang sehat itu mudah, sekali pencet tombol start saja mesinnya akan langsung menyala. Tapi saat motor tak sehat, jadi masalah. Berikut penyebabnya.

 

Menghidupkan motor yang sehat itu mudah, sekali pencet tombol start saja mesinnya akan langsung menyala. Tapi kadang terjadi, tombol start mesti ditekan berulang-ulang baru mesin mau hidup. Atau bahkan sampai perlu pakai kick starter, ngengkol, baru mesin mau hidup. Jika ini terjadi, jangan buru-buru panik lalu bongkar atau bawa motor ke bengkel. Masalahnya tak selalu berasal pada sistem starter, bisa jadi bersumber pada bagian lain. 

Lupa Tekan Rem atau Lepas Standar 
Nah, hal ini biasanya terjadi pada skutik. Kalau tidak biasa menggunakan skutik, problem yang kelihatannya sepele ini bisa saja terjadi dan membuat panik. Untuk memastikan keamanan saat menghidupkan mesin, pabrikan motor menghubungkan tombol start dengan salah satu tuas rem sehingga keduanya mesti ditekan bersamaan agar mesin bisa hidup. Bahkan pada beberapa motor tak hanya tuas rem, posisi standar samping juga harus terlipat naik, baru mesin bisa dinyalakan. Kalau salah satu terlewatkan, meski tombol start ditekan berapa kali pun dan motor dalam kondisi sehat, mesin tak bakal mau hidup. 

Aki Lemah 
Baik skutik, motor bebek, motor injeksi ataupun karburator pasti membutuhkan aki untuk menyimpan dan menyuplai kebutuhan listrik, termasuk untuk proses start mesin. Aki motor umumnya memiliki tegangan 12 Volt. Kalau tegangan ini kurang akan muncul gejala aki soak, kinerja perangkat elektronik akan menurun, termasuk sistem starter mesin. Aki lemah juga bisa dideteksi dari gejala lain seperti sistem penerangan menurun, lampu jadi lebih redup, lampu sein berkedip cepat atau bunyi klakson sember.

Solusinya cukup gampang sih, gunakan kick starter dan biarkan mesin menyala beberapa menit agar terjadi pengisian aki. Kalau ini tak mengatasi masalah, cek sistem pengisian listrik ke aki. Jika di bagian ini ada kerusakan, tegangan aki akan selalu drop karena tidak mendapat suplai listrik yang stabil. Jika aki memang sudah lemah sebaiknya siap-siap ganti dengan yang baru karena kemampuannya menyimpan listrik sudah menurun. 

Korslet 
Korslet atau hubungan pendek dalam sistem kelistrikan adalah penyebab utama kerusakan sistem starter. Hal ini biasanya terjadi karena komponen starter yang berdekatan dengan komponen logam yang terhubung dengan arus negatif dari aki. Biasanya di area yang terjadi korslet ada bekas terbakar atau hitam. Hubungan pendek akan menyebabkan motor starter tidak berfungsi sekringnya putus. Mengatasinya, ganti sekring, bersihkan area yang terbakar dari kerak, kemudian pasang kembali. Pastikan pemasangannya tidak berisiko menimbulkan hubungan pendek. 

Relay Starter Rusak 
Relay adalah sebagai pengalir arus utama dari aki ke motor starter. Saat relay rusak, motor starter tidak akan bisa hidup. Karena posisi relay ada di antara aki dengan motor starter, otomatis arus dari sumber listrik yaitu aki tidak akan tersalurkan sehingga motor tak dapat dihidupkan. 

Rasio Kompresi 
Jika masalah motor susah hidup hanya pada saat tertentu, seperti saat mesin dingin atau di pagi hari, tapi mesin masih tetap bisa dihidupkan dengan kick starter atau engkol berkali-kali, kemungkinan ada masalah dengan rasio kompresi di silinder. Mesin memerlukan tekanan kompresi untuk membuat bahan bakar dapat terbakar. Bila rasio kompresi terlalu rendah, mesin akan sulit hidup khususnya di pagi hari saat mesin masih dingin. 

Busi Bermasalah 
Masalah pada busi akan menyebabkan percikan api yang dikeluarkan terlalu kecil bahkan mati. Karena merupakan komponen penting dalam sistem pengapian, kalau busi bermasalah seluruh kerja sistem bisa terganggu. Periksa apakah busi masih dalam kondisi baik, bersihkan jika kotor atau berkerak. 
 

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products