6 Penyebab Motor Ngambek, Tak Mau Hidup

19-November-2018

Category : Perlistrikan
6 Penyebab Motor Ngambek, Tak Mau Hidup

Menghidupkan motor yang sehat itu mudah, sekali pencet tombol start saja mesinnya akan langsung menyala. Tapi saat motor tak sehat, jadi masalah. Berikut penyebabnya.

 

Menghidupkan motor yang sehat itu mudah, sekali pencet tombol start saja mesinnya akan langsung menyala. Tapi kadang terjadi, tombol start mesti ditekan berulang-ulang baru mesin mau hidup. Atau bahkan sampai perlu pakai kick starter, ngengkol, baru mesin mau hidup. Jika ini terjadi, jangan buru-buru panik lalu bongkar atau bawa motor ke bengkel. Masalahnya tak selalu berasal pada sistem starter, bisa jadi bersumber pada bagian lain. 

Lupa Tekan Rem atau Lepas Standar 
Nah, hal ini biasanya terjadi pada skutik. Kalau tidak biasa menggunakan skutik, problem yang kelihatannya sepele ini bisa saja terjadi dan membuat panik. Untuk memastikan keamanan saat menghidupkan mesin, pabrikan motor menghubungkan tombol start dengan salah satu tuas rem sehingga keduanya mesti ditekan bersamaan agar mesin bisa hidup. Bahkan pada beberapa motor tak hanya tuas rem, posisi standar samping juga harus terlipat naik, baru mesin bisa dinyalakan. Kalau salah satu terlewatkan, meski tombol start ditekan berapa kali pun dan motor dalam kondisi sehat, mesin tak bakal mau hidup. 

Aki Lemah 
Baik skutik, motor bebek, motor injeksi ataupun karburator pasti membutuhkan aki untuk menyimpan dan menyuplai kebutuhan listrik, termasuk untuk proses start mesin. Aki motor umumnya memiliki tegangan 12 Volt. Kalau tegangan ini kurang akan muncul gejala aki soak, kinerja perangkat elektronik akan menurun, termasuk sistem starter mesin. Aki lemah juga bisa dideteksi dari gejala lain seperti sistem penerangan menurun, lampu jadi lebih redup, lampu sein berkedip cepat atau bunyi klakson sember.

Solusinya cukup gampang sih, gunakan kick starter dan biarkan mesin menyala beberapa menit agar terjadi pengisian aki. Kalau ini tak mengatasi masalah, cek sistem pengisian listrik ke aki. Jika di bagian ini ada kerusakan, tegangan aki akan selalu drop karena tidak mendapat suplai listrik yang stabil. Jika aki memang sudah lemah sebaiknya siap-siap ganti dengan yang baru karena kemampuannya menyimpan listrik sudah menurun. 

Korslet 
Korslet atau hubungan pendek dalam sistem kelistrikan adalah penyebab utama kerusakan sistem starter. Hal ini biasanya terjadi karena komponen starter yang berdekatan dengan komponen logam yang terhubung dengan arus negatif dari aki. Biasanya di area yang terjadi korslet ada bekas terbakar atau hitam. Hubungan pendek akan menyebabkan motor starter tidak berfungsi sekringnya putus. Mengatasinya, ganti sekring, bersihkan area yang terbakar dari kerak, kemudian pasang kembali. Pastikan pemasangannya tidak berisiko menimbulkan hubungan pendek. 

Relay Starter Rusak 
Relay adalah sebagai pengalir arus utama dari aki ke motor starter. Saat relay rusak, motor starter tidak akan bisa hidup. Karena posisi relay ada di antara aki dengan motor starter, otomatis arus dari sumber listrik yaitu aki tidak akan tersalurkan sehingga motor tak dapat dihidupkan. 

Rasio Kompresi 
Jika masalah motor susah hidup hanya pada saat tertentu, seperti saat mesin dingin atau di pagi hari, tapi mesin masih tetap bisa dihidupkan dengan kick starter atau engkol berkali-kali, kemungkinan ada masalah dengan rasio kompresi di silinder. Mesin memerlukan tekanan kompresi untuk membuat bahan bakar dapat terbakar. Bila rasio kompresi terlalu rendah, mesin akan sulit hidup khususnya di pagi hari saat mesin masih dingin. 

Busi Bermasalah 
Masalah pada busi akan menyebabkan percikan api yang dikeluarkan terlalu kecil bahkan mati. Karena merupakan komponen penting dalam sistem pengapian, kalau busi bermasalah seluruh kerja sistem bisa terganggu. Periksa apakah busi masih dalam kondisi baik, bersihkan jika kotor atau berkerak. 
 

Related Articles

Musim hujan berarti waktunya waspada tikus masuk ke mobil. Karena ruang mesin mobil senantiasa panas, maka hewan pengerat tersebut mencari ruangan untuk menghangatkan tubuhnya. Dan ruang mesin adalah tempat yang dipilih tikus untuk berlindung selama hujan.

Tahukah Anda jika ban tidak sesederhana kelihatannya. Faktanya pada sebuah ban terdapat beberapa kode dan simbol yang wajib diketahui. Kode dan simbol tersebut tak hanya menerangkan seputar spesifikasinya saja, namun juga performa ban saat dipakai.

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Related Products