Baca Kode Belt Biar Tak Mengorbankan Performa Skutik

19-December-2018

Category : Rantai & Belt
Baca Kode Belt Biar Tak Mengorbankan Performa Skutik

V-belt atau belt matic para skuter matik (skutik) perannya sangat penting. Komponen tersebut adalah yang berfungsi meneruskan tenaga mesin ke ban supaya skutik bisa berjalan.

Secara lebih rinci, belt matic yang bakal meneruskan putaran poros engkol (kruk as) untuk menggerakkan kopling, kemudian kopling meneruskan putaran ke ban belakang. Fungsi tersebut hampir sama seperti rantai pada motor konvensional.

Untuk tiap skutik memiliki ukuran dan tipe V-belt yang berbeda-beda. Biasanya dari panjang dan lebar, yang dipengaruhi oleh diameter puli CVT. Selain itu sebuah belt matic akan dibuat bergerigi untuk mencengkeram puli. Dimana secara konstruksi lapisan teratas merupakan Top Fabric, kemudian di bawahnya ada bagian Tension Rubber dan Tension Cord. Makin ke bawah, ada bagian yang disebut Cushion Rubber, lalu Compression Rubber, dan terakhir Bottom Fabric.

Nah, belt matic yang terbaik adalah yang diperkuat Kevlar Reinforced. Selain lebih kuat dan tahan lama, V-Belt tersebut juga stiff dan relatif tahan gesekan serta panas. Sehingga cocok untuk digunakan baik untuk balap atau penggunaan harian. Indoparts sendiri memiliki produk belt matic yang diperkuat material kevlar.

Tapi jangan salah tiap merek memiliki kode belt matic sendiri-sendiri. Sepatutnya Anda perhatikan memilih spesifikasi V-Belt yang sesuai agar tak mengorbankan performa skutik. Indoparts memberikan kode belt yang mudah dipahami sebagai pengganti V-Belt OEM bawaan skutik, dengan konstruksi desain yang mirip.

 

Skutik Kode Panjang keliling belt (mm) Lebar (mm)
Vario 125 FI BKH21-826K-VI18 826 21,0
Vario 110 (karburator) BKH19-805K-VO13 805 19,0
Beat 110 FI BKH18-794K-BI13 794 18,0
Beat, Scoopy, Spacy (karburator) BKH18-788K-BT12 788 18,0
Nouvo, Nouvo Z BKY18-842K-MO12 842 18,0
Spin, Skywave, Skydrive BKS20-811K-SN12 811 20,0

Related Articles

Musim hujan berarti waktunya waspada tikus masuk ke mobil. Karena ruang mesin mobil senantiasa panas, maka hewan pengerat tersebut mencari ruangan untuk menghangatkan tubuhnya. Dan ruang mesin adalah tempat yang dipilih tikus untuk berlindung selama hujan.

Tahukah Anda jika ban tidak sesederhana kelihatannya. Faktanya pada sebuah ban terdapat beberapa kode dan simbol yang wajib diketahui. Kode dan simbol tersebut tak hanya menerangkan seputar spesifikasinya saja, namun juga performa ban saat dipakai.

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Related Products