19-December-2018
Category : Rantai & BeltV-belt atau belt matic para skuter matik (skutik) perannya sangat penting. Komponen tersebut adalah yang berfungsi meneruskan tenaga mesin ke ban supaya skutik bisa berjalan.
Secara lebih rinci, belt matic yang bakal meneruskan putaran poros engkol (kruk as) untuk menggerakkan kopling, kemudian kopling meneruskan putaran ke ban belakang. Fungsi tersebut hampir sama seperti rantai pada motor konvensional.
Untuk tiap skutik memiliki ukuran dan tipe V-belt yang berbeda-beda. Biasanya dari panjang dan lebar, yang dipengaruhi oleh diameter puli CVT. Selain itu sebuah belt matic akan dibuat bergerigi untuk mencengkeram puli. Dimana secara konstruksi lapisan teratas merupakan Top Fabric, kemudian di bawahnya ada bagian Tension Rubber dan Tension Cord. Makin ke bawah, ada bagian yang disebut Cushion Rubber, lalu Compression Rubber, dan terakhir Bottom Fabric.
Nah, belt matic yang terbaik adalah yang diperkuat Kevlar Reinforced. Selain lebih kuat dan tahan lama, V-Belt tersebut juga stiff dan relatif tahan gesekan serta panas. Sehingga cocok untuk digunakan baik untuk balap atau penggunaan harian. Indoparts sendiri memiliki produk belt matic yang diperkuat material kevlar.
Tapi jangan salah tiap merek memiliki kode belt matic sendiri-sendiri. Sepatutnya Anda perhatikan memilih spesifikasi V-Belt yang sesuai agar tak mengorbankan performa skutik. Indoparts memberikan kode belt yang mudah dipahami sebagai pengganti V-Belt OEM bawaan skutik, dengan konstruksi desain yang mirip.
Skutik | Kode | Panjang keliling belt (mm) | Lebar (mm) |
Vario 125 FI | BKH21-826K-VI18 | 826 | 21,0 |
Vario 110 (karburator) | BKH19-805K-VO13 | 805 | 19,0 |
Beat 110 FI | BKH18-794K-BI13 | 794 | 18,0 |
Beat, Scoopy, Spacy (karburator) | BKH18-788K-BT12 | 788 | 18,0 |
Nouvo, Nouvo Z | BKY18-842K-MO12 | 842 | 18,0 |
Spin, Skywave, Skydrive | BKS20-811K-SN12 | 811 | 20,0 |