Baca Kode Belt Biar Tak Mengorbankan Performa Skutik

19-December-2018

Category : Rantai & Belt
Baca Kode Belt Biar Tak Mengorbankan Performa Skutik

V-belt atau belt matic para skuter matik (skutik) perannya sangat penting. Komponen tersebut adalah yang berfungsi meneruskan tenaga mesin ke ban supaya skutik bisa berjalan.

Secara lebih rinci, belt matic yang bakal meneruskan putaran poros engkol (kruk as) untuk menggerakkan kopling, kemudian kopling meneruskan putaran ke ban belakang. Fungsi tersebut hampir sama seperti rantai pada motor konvensional.

Untuk tiap skutik memiliki ukuran dan tipe V-belt yang berbeda-beda. Biasanya dari panjang dan lebar, yang dipengaruhi oleh diameter puli CVT. Selain itu sebuah belt matic akan dibuat bergerigi untuk mencengkeram puli. Dimana secara konstruksi lapisan teratas merupakan Top Fabric, kemudian di bawahnya ada bagian Tension Rubber dan Tension Cord. Makin ke bawah, ada bagian yang disebut Cushion Rubber, lalu Compression Rubber, dan terakhir Bottom Fabric.

Nah, belt matic yang terbaik adalah yang diperkuat Kevlar Reinforced. Selain lebih kuat dan tahan lama, V-Belt tersebut juga stiff dan relatif tahan gesekan serta panas. Sehingga cocok untuk digunakan baik untuk balap atau penggunaan harian. Indoparts sendiri memiliki produk belt matic yang diperkuat material kevlar.

Tapi jangan salah tiap merek memiliki kode belt matic sendiri-sendiri. Sepatutnya Anda perhatikan memilih spesifikasi V-Belt yang sesuai agar tak mengorbankan performa skutik. Indoparts memberikan kode belt yang mudah dipahami sebagai pengganti V-Belt OEM bawaan skutik, dengan konstruksi desain yang mirip.

 

Skutik Kode Panjang keliling belt (mm) Lebar (mm)
Vario 125 FI BKH21-826K-VI18 826 21,0
Vario 110 (karburator) BKH19-805K-VO13 805 19,0
Beat 110 FI BKH18-794K-BI13 794 18,0
Beat, Scoopy, Spacy (karburator) BKH18-788K-BT12 788 18,0
Nouvo, Nouvo Z BKY18-842K-MO12 842 18,0
Spin, Skywave, Skydrive BKS20-811K-SN12 811 20,0

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products