Baca Kode Ban Dalam Indotire

02-October-2018

Category : Roda & Ban
Baca Kode Ban Dalam Indotire

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Sementara ban dalam motor yang terlalu kecil juga sama buruknya, berisiko meledak. Hal ini karena ban dalam dipaksa mengembang untuk memenuhi ruang yang lebih besar dari batas maksimalnya mengembang, sehingga jadi menipis. Karena itu, pastikan selalu memilih ban dalam dengan ukuran yang tepat. Caranya, pahami kode ban dalam yang tertera dalam kemasan. 

Misalnya, ban dalam Indotire dengan ukuran 275/300 - 18, pasanglah pada ban luar dengan ukuran 275/300 - 18 bukannya dipasang pada ban ukuran 250-18. Ukuran ban dalam Indotire memakai satuan inch dan milimeter. Jadi ban dalam ukuran 275/300 - 18, artinya ban tersebut diperuntukan ban luar dengan lebar 2.75 dan 3.00 inch, dengan jari-jari pelek 18 inch. 

Lalu kenapa ada ban dalam dengan satuan ukuran yang berbeda, 250-17? Ini disebut kode ban single, artinya ban dalam tersebut hanya bisa digunakan pada satu ukuran ban luar yang direkomendasikan saja. Yaitu ban dengan lebar 2.50 inch dan jari-jari pelek 17 inch. Jangan sampai salah pilih ya...

Related Articles

Musim hujan berarti waktunya waspada tikus masuk ke mobil. Karena ruang mesin mobil senantiasa panas, maka hewan pengerat tersebut mencari ruangan untuk menghangatkan tubuhnya. Dan ruang mesin adalah tempat yang dipilih tikus untuk berlindung selama hujan.

Tahukah Anda jika ban tidak sesederhana kelihatannya. Faktanya pada sebuah ban terdapat beberapa kode dan simbol yang wajib diketahui. Kode dan simbol tersebut tak hanya menerangkan seputar spesifikasinya saja, namun juga performa ban saat dipakai.

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Related Products