Perlakukan Rem ABS Sesuai Kadarnya Demi Keselamatan

20-March-2019

Category : Pengereman
 Perlakukan Rem ABS Sesuai Kadarnya Demi Keselamatan

Selama ini banyak salah kaprah soal penggunaan rem ABS (Anti-lock Braking System) di mobil-mobil modern. Sistem rem anti mengunci tersebut dipahami untuk memperpendek jarak pengereman, tidak sedikit pengemudi yang terlalu percaya diri dengan mengabaikan jarak pengereman dengan kendaraan di depan.

Sesuai namanya, ABS bertugas untuk mencegah roda tidak terkunci saat direm penuh pada kecepatan tinggi sehingga setir bisa dibelokkan untuk menghindari tabrakan.Sistem ABS secara umum didukung oleh empat komponen utama, yaitu: sensor kecepatan yang memonitor kecepatan masing-masing roda, katup pengereman di setiap jalur minyak rem, ECU (Electronic Control Unit), dan HCU (Hydraulic Control Unit).

Saat kondisi roda terdeteksi akan terkunci ketika direm, ECU akan memerintahkan HCU untuk mengurangi tekanan hidrolik pada rem sehingga kecepatan roda dapat meningkat. ECU juga akan memerintahkan untuk meningkatkan daya pengereman ketika roda terdeteksi selip.

Proses ini berlangsung sangat cepat dan nyaris tidak disadari pengemudi. Jangan panik jika perilaku pedal rem terasa aneh seperti berdenyut-denyut atau tidak memberikan respon sesuai kuatnya kaki menginjak pedal.

Yang harus Anda lakukan adalah injak pedal rem secara penuh agar ABS bekerja optimal dan fokus pada setir untuk melakukan manuver menghindar.Jangan lupa, pengemudi harus tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan dalam kondisi apapun.

 

Foto: Shutterstock/ninefotostudio
 

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products