CVT Belt Skutik, Deteksi Sebelum Putus

24-May-2018

Category : Rantai & Belt
CVT Belt Skutik, Deteksi Sebelum Putus

Belt CVT (Continously Variable Transmission) skutik Anda mulai uzur? Sebaiknya jangan ditunda, belt CVT yang mulai aus mesti segera diganti. Kalau diabaikan, komponen yang aus ini bisa putus sewaktu-waktu.

Kalau sampai sampai putus, tak hanya mogok dan kudu ganti belt CVT, roller dan rumah roller pun bisa ikut rusak. Dorong-dorong di tengah jalan, apalagi di tengah jalur mudik atau turing, kerepotan dan kesalnya jadi berlipat kan...

 

Getaran di Tarikan

Belt CVT yang mulai tidak sehat sebenarnya mudah dideteksi, sebelum menjadi semakin parah. Gejala paling jelas bisa dirasakan saat motor dikendarai, jadi tidak nyaman. Motor kehilangan tenaga, loyo dan terasa getaran di tiap tarikan.

 

Getaran muncul saat pertama motor berakselerasi. Bisa terasa di tengah perjalanan, di tiap tarikan saat stop & go di tengah macet, belokan, jalan rusak ataupun polisi tidur. Ini karena kondisi belt tak lagi bagus dan tidak bekerja maksimal, karena longgar atau retak.

 

Gejala yang lain, baru terdeteksi saat area belt CVT dibongkar, belt retak. Belt terlihat longgar dan di bagian lekukan terlihatan retakan. Belt yang sudah retak seperti ini sangat mudah putus, apalagi kalau pengendaranya punya kebiasaan akselerasi yang agresif. Belt CVT yang sudah uzur dipaksa bekerja keras. Kalau sudah begini, opsi paling aman, ganti komponen CVT dengan yang baru.

 

Masa pakai belt CVT biasanya ditentukan oleh pemakaian, gaya berkendara, beban, waktu pakai dan jarak tempuh. Paling aman, lakukan pemeriksaan komponen CVT setiap 6 bulan atau saat terjadi ketidaknyamanan. Terjadi getaran, bunyi berdengung atau gesekan.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products