CVT Belt Skutik, Deteksi Sebelum Putus

24-May-2018

Category : Rantai & Belt
CVT Belt Skutik, Deteksi Sebelum Putus

Belt CVT (Continously Variable Transmission) skutik Anda mulai uzur? Sebaiknya jangan ditunda, belt CVT yang mulai aus mesti segera diganti. Kalau diabaikan, komponen yang aus ini bisa putus sewaktu-waktu.

Kalau sampai sampai putus, tak hanya mogok dan kudu ganti belt CVT, roller dan rumah roller pun bisa ikut rusak. Dorong-dorong di tengah jalan, apalagi di tengah jalur mudik atau turing, kerepotan dan kesalnya jadi berlipat kan...

 

Getaran di Tarikan

Belt CVT yang mulai tidak sehat sebenarnya mudah dideteksi, sebelum menjadi semakin parah. Gejala paling jelas bisa dirasakan saat motor dikendarai, jadi tidak nyaman. Motor kehilangan tenaga, loyo dan terasa getaran di tiap tarikan.

 

Getaran muncul saat pertama motor berakselerasi. Bisa terasa di tengah perjalanan, di tiap tarikan saat stop & go di tengah macet, belokan, jalan rusak ataupun polisi tidur. Ini karena kondisi belt tak lagi bagus dan tidak bekerja maksimal, karena longgar atau retak.

 

Gejala yang lain, baru terdeteksi saat area belt CVT dibongkar, belt retak. Belt terlihat longgar dan di bagian lekukan terlihatan retakan. Belt yang sudah retak seperti ini sangat mudah putus, apalagi kalau pengendaranya punya kebiasaan akselerasi yang agresif. Belt CVT yang sudah uzur dipaksa bekerja keras. Kalau sudah begini, opsi paling aman, ganti komponen CVT dengan yang baru.

 

Masa pakai belt CVT biasanya ditentukan oleh pemakaian, gaya berkendara, beban, waktu pakai dan jarak tempuh. Paling aman, lakukan pemeriksaan komponen CVT setiap 6 bulan atau saat terjadi ketidaknyamanan. Terjadi getaran, bunyi berdengung atau gesekan.

Related Articles

Musim hujan berarti waktunya waspada tikus masuk ke mobil. Karena ruang mesin mobil senantiasa panas, maka hewan pengerat tersebut mencari ruangan untuk menghangatkan tubuhnya. Dan ruang mesin adalah tempat yang dipilih tikus untuk berlindung selama hujan.

Tahukah Anda jika ban tidak sesederhana kelihatannya. Faktanya pada sebuah ban terdapat beberapa kode dan simbol yang wajib diketahui. Kode dan simbol tersebut tak hanya menerangkan seputar spesifikasinya saja, namun juga performa ban saat dipakai.

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Related Products