Jeduk-Jeduk, Tanda Suspensi Dan Kaki Minta Dicek

29-May-2018

Category : Suspensi
Jeduk-Jeduk, Tanda Suspensi Dan Kaki Minta Dicek

Tambahkan agenda persiapan mudik Anda, dengan kunjungan ke bengkel untuk pemeriksaan mobil, sebelum berangkat. Apalagi, kalau mobil banyak mengeluarkan suara-suara misterius seperti ‘jedak-jeduk’ dari area kaki-kakinya. Besar kemungkinan ada masalah dengan komponen suspensi mobil.

Bunyi berisik tersebut biasanya berasal dari benturan komponen karena oli sokbreker berkurang atau sudah menjadi encer. Sokbreker bocor atau tidak berfungsi, lama-lama akan menimbulkan bunyi. Kinerja sokbreker juga jadi lemah dan berkurang. Ini bisa mempengaruhi keseimbangan mobil, mobil jadi kurang stabil dan limbung, bahkan di jalan lurus sekalipun

 

Begitu juga kalau karet support-nya sudah aus. Karet support adalah karet peredam yang terpasang pada dudukan bagian atas shockbreaker mobil. Karena terus tertekan dan sokbreker mengayun, rebound, lama-lama karet akan menipis dan muncul celah pada dudukan atas schokbreaker mobil. Celah ini yang menimbulkan bunyi saat mobil bergerak, mengalami hentakan atau benturan.

 

Suara berisik atau jedak-jeduk tersebut bisa disebabkan oleh kerusakan Bushing Arm. Bushing Arm merupakan selongsong besi yang disokong karet. Bushing Arm bertugas meredam getaran di bagian sambungan antar komponen suspensi mobil dari logam tersebut.

 

Kemungkinan lain, problem di ball joint. Ball joint bekerja seperti sendi pada tulang manusia, dia dapat berputar dan burubah sudut kemiringannya mengikuti arah gerak roda. Kerusakan awal pada ball joint ditandai dengan terdapat rembesan seperti oli di sekitarnya, karena karet pelindungnya mulai robek. Kalau dibiarkan akan muncul bunyi,, dan suatu saat ball joint bisa lepas sehingga roda depan tidak bisa tegak lagi.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products