Cegah Aki Tekor Selama Ditinggal Mudik

11-June-2018

Category : Perlistrikan
Cegah Aki Tekor Selama Ditinggal Mudik

Tahun ini memilih untuk mudik dengan angkutan umum? Perjalanan mudik dengan bus, kereta atau pesawat, memang salah satu pilihan praktis. Motor bisa istirahat panjang di rumah. Tapi sebelum berangkat, pastikan motor ditinggalkan dalam kondisi aman.

Tak hanya aman dari jangkauan tangan jahat, tapi juga aman untuk komponen-komponennya. Terutama aki motor, bagian ini sering ‘ngambek’, aki tekor setelah ditinggalkan atau tidak dipakai dalam waktu lama. Agar aki tetap menyimpan stroom dan tetap sehat saat akan dipakai lagi, penyimpanannya perlu langkah cermat.

 

Kalau liburan atau waktu mudiknya cukup lama, cabut aki motor sebelum ditinggalkan. Jika aki tidak dicabut, listrik akan terus mengalir. Ini yang menyebabkan aki soak, tekor saat akan dipakai lagi. Jangan sampai pulang libur panjang malah harus belanja aki kan...

 

Sebelum disimpan, cek kondisinya. Pastikan aki sudah terisi sebelum disimpan, charge selama 8-12 jam sesuai daya yang disarankan. Periksa kondisi fisiknya, casing dan kutub atau terminalnya, bersihkan dari segala kotoran atau kerak. Kalau pakai aki basah, sebelum disimpan, cek level larutan elektrolit dan isi sampai batas optimal.

 

Pastikan semua sambungan seri atau paralel sudah dilepas, baru disimpan. Penyimpanannya juga perlu hati-hati. Simpan di tempat aman : sejuk, tidak terlalu panas maupun terlalu dingin serta kering. Saat akan dipakai lagi, charga kembali sampai terisi penuh. Selamat liburan...

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products