Cegah Aki Tekor Selama Ditinggal Mudik

11-June-2018

Category : Perlistrikan
Cegah Aki Tekor Selama Ditinggal Mudik

Tahun ini memilih untuk mudik dengan angkutan umum? Perjalanan mudik dengan bus, kereta atau pesawat, memang salah satu pilihan praktis. Motor bisa istirahat panjang di rumah. Tapi sebelum berangkat, pastikan motor ditinggalkan dalam kondisi aman.

Tak hanya aman dari jangkauan tangan jahat, tapi juga aman untuk komponen-komponennya. Terutama aki motor, bagian ini sering ‘ngambek’, aki tekor setelah ditinggalkan atau tidak dipakai dalam waktu lama. Agar aki tetap menyimpan stroom dan tetap sehat saat akan dipakai lagi, penyimpanannya perlu langkah cermat.

 

Kalau liburan atau waktu mudiknya cukup lama, cabut aki motor sebelum ditinggalkan. Jika aki tidak dicabut, listrik akan terus mengalir. Ini yang menyebabkan aki soak, tekor saat akan dipakai lagi. Jangan sampai pulang libur panjang malah harus belanja aki kan...

 

Sebelum disimpan, cek kondisinya. Pastikan aki sudah terisi sebelum disimpan, charge selama 8-12 jam sesuai daya yang disarankan. Periksa kondisi fisiknya, casing dan kutub atau terminalnya, bersihkan dari segala kotoran atau kerak. Kalau pakai aki basah, sebelum disimpan, cek level larutan elektrolit dan isi sampai batas optimal.

 

Pastikan semua sambungan seri atau paralel sudah dilepas, baru disimpan. Penyimpanannya juga perlu hati-hati. Simpan di tempat aman : sejuk, tidak terlalu panas maupun terlalu dingin serta kering. Saat akan dipakai lagi, charga kembali sampai terisi penuh. Selamat liburan...

Related Articles

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Tak hanya manusia, mobil juga bisa kena ‘serangan jantung’, tiba-tiba mesin mati. Ini merupakan salah satu momok paling menyusahkan.

Sepatu keren memang ampuh banget menarik perhatian. Begitu pula saat mendandani motor, pelek dan ban kece, tampilan pun langsung ngangkat. Tapi hati-hati kalau motor terhitung canggih, telah dibekali fitur ABS (Anti-lock Braking System).

Related Products