3 Langkah Cek Suspensi

11-June-2018

Category : Suspensi
3 Langkah Cek Suspensi

Kaki-kaki atau suspensi merupakan komponen penting yang menentukan kenyamanan dan keselamatan perjalanan. Apalagi di perjalanan jauh seperti turing atau mudik.

Suspensi merupakan salah satu komponen yang wajib dicek dulu kesehatannya sebelum digeber di jalur mudik. Suspensi atau sokbreker bertugas meredam goncangan atau hentakan karena kondisi jalan berlubang, bergelombang atau tidak rata. Komponen kaki-kaki motor ini juga menjaga keseimbangan motor, terutama ketika bermanuver di kecepatan tinggi atau jalur berkelok.

 

Suspensi yang buruk, membuat motor kehilangan kemampuan meredam goncangan, membagi beban dan menjaga keseimbangannya. Akibatnya, motor bisa jatuh saat berbelok atau mengerem. Jadi, segera cek ke bengkel bila motor tidak stabil dan sering melenceng. Cek apakah ada oli yang rembes, karena ada kemungkinan sokbreker bocor dan tekanannya tidak seimbang. Ini bisa diatasi dengan mengganti sil atau isi ulang oli suspensi.

 

Pengujian lainnya, dengan menekan setang motor dan indera perasa. Bila setang kembali ke posisi semula dengan cepat, berarti suspensi motor masih dalam kondisi sehat. Bila suspensi depan terasa bergetar, kemungkinan ada problem di per atau perlu ganti oli suspensi.

 

Oli suspensi normalnya berwarna kemerahan. Bila berubah jadi hitam dan bau, artinya mesti ganti oli suspensi. Lebih baik jangan menunggu oli berubah warna, ganti oli suspensi setelah 2 tahun atau 24 ribu km. Kalau jalan yang sering dilewati kondisinya buruk, bisa dipercepat lagi hingga 1 tahun.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products