3 Langkah Cek Suspensi

11-June-2018

Category : Suspensi
3 Langkah Cek Suspensi

Kaki-kaki atau suspensi merupakan komponen penting yang menentukan kenyamanan dan keselamatan perjalanan. Apalagi di perjalanan jauh seperti turing atau mudik.

Suspensi merupakan salah satu komponen yang wajib dicek dulu kesehatannya sebelum digeber di jalur mudik. Suspensi atau sokbreker bertugas meredam goncangan atau hentakan karena kondisi jalan berlubang, bergelombang atau tidak rata. Komponen kaki-kaki motor ini juga menjaga keseimbangan motor, terutama ketika bermanuver di kecepatan tinggi atau jalur berkelok.

 

Suspensi yang buruk, membuat motor kehilangan kemampuan meredam goncangan, membagi beban dan menjaga keseimbangannya. Akibatnya, motor bisa jatuh saat berbelok atau mengerem. Jadi, segera cek ke bengkel bila motor tidak stabil dan sering melenceng. Cek apakah ada oli yang rembes, karena ada kemungkinan sokbreker bocor dan tekanannya tidak seimbang. Ini bisa diatasi dengan mengganti sil atau isi ulang oli suspensi.

 

Pengujian lainnya, dengan menekan setang motor dan indera perasa. Bila setang kembali ke posisi semula dengan cepat, berarti suspensi motor masih dalam kondisi sehat. Bila suspensi depan terasa bergetar, kemungkinan ada problem di per atau perlu ganti oli suspensi.

 

Oli suspensi normalnya berwarna kemerahan. Bila berubah jadi hitam dan bau, artinya mesti ganti oli suspensi. Lebih baik jangan menunggu oli berubah warna, ganti oli suspensi setelah 2 tahun atau 24 ribu km. Kalau jalan yang sering dilewati kondisinya buruk, bisa dipercepat lagi hingga 1 tahun.

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products