Yuk Dandan, Demi Mudik Nyaman Dan Aman

28-May-2018

Category : Steering
Yuk Dandan, Demi Mudik Nyaman Dan Aman

Mudik itu menyenangkan, sekaligus menantang. Tak hanya untuk motor, tapi juga pantat, lengan dan tubuh penunggangnya. Agar perjalanan ‘sakral’ ini makin menyenangkan, tubuh lebih rileks dan tidak cepat lelah, sejumlah modifikasi masih aman dan mungkin dilakukan.

Bahkan saat waktu sudah makin mendesak sekalipun. Bagian apa saja yang mesti di-upgrade atau tambah aksesori modifikasi? Nih, cek detailnya...

 

Jok

Ini penting, karena merupakan bagian yang menyangga dan bersentuhan langsung dengan tubuh kita. Beberapa motor joknya ada yang tipis, sempit, atau pelapisnya licin. Ganti jok dengan yang lebih empuk, sehingga bisa bisa lebih rileks di perjalanan panjang Anda. Kalau jok motor Anda jenis yang sulit diganti, cukup lapisi dengan busa atau cover tambahan sehingga lebih tebal.

 

Stang

Stang lebih sempit memang terlihat gaya. Tapi untuk perjalanan jauh, apalagi dengan medan menantang bahkan macet, ini bikin cepat lelah. Siku jadi menutup dan badan membungkuk. Manuver pun jadi lebih sulit. Untuk mudik, gunakan stang yang lebih lebar dan memiliki grip empuk, agar tangan dan postur dapat lebih rileks.

 

Kalau naik matic, bisa menambah tinggi stang dengan raiser stang. Karena lebih tinggi, motor jadi lebih ergonomis karena tubuh pun jadi tegak. Pastikan memilih raiser yang terbuat dari material yang kuat seperti baja, untuk mengurangi risiko pecah kalau motor mendapat benturan karena jalan berlubang atau hal lain.

 

Foot Step

Set ulang foot step atau pijakan kaki kalau membuat tubuh jadi terlalu condong atau sebaliknya. Posisikan dimana tubuh rider atau pembonceng tegak dan paling nyaman.

 

Ban

Tinggalkan ban slick, ban lebar atau tipis yang biasa dipakai buat hang out. Ganti ban dengan spek touring atau standar sehari-hari, tapak sedang, alur searah agar cengkeraman lebih baik saat di jalan basah sekalipun.

 

Aksesoris Windshield

Enggak cuma bikin tampilan lebih fashionable, aksesori ini juga menambah kenyamanan. Karena membantu menahan terjangan angin ke tubuh rider, cipratan air, kerikil atau debu, serta serangga yang beterbangan saat riding sore.

 

Box atau Bagasi Tambahan

Daripada pakai kardus atau tas yang memberatkan tubuh, tambahkan box atau bagasi tambahan. Ada dua jenis, up box di bagian belakang dan side box, di kedua sisi motor. Pastikan ukurannya sesuai dengan dimensi motor, jangan terlalu besar. Serta perhatikan batas beban yang direkomendasikan, agar manuver tetap aman dan nyaman.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products