11-June-2018
Category : PerlistrikanSebuah penelitian oleh Britania Rescue, perusahaan asuransi dan layanan emergency di Inggris, menunjukkan bahwa lebih dari separo pengemudi di Inggris enggak paham arti indikator atau simbol di dasbornya.
Berbagai simbol atau indikator di dasbor tersebut didesain salah satunya untuk mempermudah pengendara mengecek kondisi mesin dan berbagai komponen mobil.
Tiap mobil punya punya simbol tertentu yang spesifik. Tapi ada beberapa indikator yang cukup mendasar, seperti 10 simbol ini. Yuk, diingat ya...
Check Engine atau Malfunction Indicator Light (MIL):
Indikator ini hanya menyala saat kunci diputar start, begitu mesin hidup, mestinya mati. Jika menyala lebih lama atau menyala terus, artinya ada masalah di mesin. Bisa masalah besar atau kecil. Segera ke bengkel untuk melakukan pengecekan. Biasanya untuk mengecek kondisi mesin menggunakan scaner computerized.
Kelistrikan Error
Tanda baterai atau aki menyala terus menandakan sistem kelistrikan bermasalah. Bisa aki mobil perlu diisi ulang atau terjadi kesalahan mekanisme kelistrikan. Segera lakukan pengecekan agar tidak mengakibatkan mobil susah hidup atau bahkan mogok, karena sistem kelistrikan tidak bekerja.
Parking Brake
Apabila rem ini difungsikan, maka indikator ini akan menyala. Setiap pabrikan mobil memiliki tombol yang berbeda untuk sistem peringatan ini. Kalau indikator ini terus menyala, ada masalah pada sistem pengereman, termasuk minyak rem habis.
Anti Brake System (ABS)
Normalnya indikator ini akan menyala sekali kedip saat mesin mulai dinyalakan, lalu kembali mati. Tetapi apabila indikator ini menyala dengan beberapa kedipan atau bahkan menyala terus, ada kemungkinan masalah pada sistemnya. Segera ke bengkel agar pengereman kembali normal. Jangan diabaikan karena ini menyangkut soal keselamatan.
Indikator Coolant Temperature
Jika lampu indikator untuk sistem pendingin mobil menyala, artinya harus segera mengisi air di radiator. Jangan lakukan saat mesin masih panas, tekanan saat panas bisa membuat air muncrat. Tunggu mesin dalam kondisi dingin, lalu isikan coolant yang banyak tersedia di pasaran.
Peringatan Ganti Oli
Jika indikator ini menyala ada kemungkinan oli sudah berkurang atau saatnya ganti oli karena tekanan oli mesin mobil terlalu rendah. Jangan mengabaikan indikator oli yang menyala, bisa berakibat mesin mobil mati atau mogok.
Peringatan Pintu
Indikator ini menyala saat pintu terbuka, atau tertutup tapi kurang rapat. Baik pintu penumpang ataupun bagasi. Apabila pintu sudah tertutup sempurna semua, indikator ini baru akan padam. Keberadaan indikator ini sangat berkaitan dengan safety pengendara dan pengguna jalan lain.
Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.
Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.
Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.
Selama ini banyak salah kaprah soal penggunaan rem ABS (Anti-lock Braking System) di mobil-mobil modern. Sistem rem anti mengunci tersebut dipahami untuk memperpendek jarak pengereman, tidak sedikit pengemudi yang terlalu percaya diri dengan mengabaikan jarak pengereman dengan kendaraan di depan.