Membaca Indikator Dasbor

11-June-2018

Category : Perlistrikan
Membaca Indikator Dasbor

Sebuah penelitian oleh Britania Rescue, perusahaan asuransi dan layanan emergency di Inggris, menunjukkan bahwa lebih dari separo pengemudi di Inggris enggak paham arti indikator atau simbol di dasbornya.

Berbagai simbol atau indikator di dasbor tersebut didesain salah satunya untuk mempermudah pengendara mengecek kondisi mesin dan berbagai komponen mobil.

Tiap mobil punya punya simbol tertentu yang spesifik. Tapi ada beberapa indikator yang cukup mendasar, seperti 10 simbol ini. Yuk, diingat ya...

 

Check Engine atau Malfunction Indicator Light (MIL):

Indikator ini hanya menyala saat kunci diputar start, begitu mesin hidup, mestinya mati. Jika menyala lebih lama atau menyala terus, artinya ada masalah di mesin. Bisa masalah besar atau kecil. Segera ke bengkel untuk melakukan pengecekan. Biasanya untuk mengecek kondisi mesin menggunakan scaner computerized.

Kelistrikan Error

Tanda baterai atau aki menyala terus menandakan sistem kelistrikan bermasalah. Bisa aki mobil perlu diisi ulang atau terjadi kesalahan mekanisme kelistrikan. Segera lakukan pengecekan agar tidak mengakibatkan mobil susah hidup atau bahkan mogok, karena sistem kelistrikan tidak bekerja.

Parking Brake

Apabila rem ini difungsikan, maka indikator ini akan menyala. Setiap pabrikan mobil memiliki tombol yang berbeda untuk sistem peringatan ini. Kalau indikator ini terus menyala, ada masalah pada sistem pengereman, termasuk minyak rem habis.

Anti Brake System (ABS)

Normalnya indikator ini akan menyala sekali kedip saat mesin mulai dinyalakan, lalu kembali mati. Tetapi apabila indikator ini menyala dengan beberapa kedipan atau bahkan menyala terus, ada kemungkinan masalah pada sistemnya. Segera ke bengkel agar pengereman kembali normal. Jangan diabaikan karena ini menyangkut soal keselamatan.

Indikator Coolant Temperature

Jika lampu indikator untuk sistem pendingin mobil menyala, artinya harus segera mengisi air di radiator. Jangan lakukan saat mesin masih panas, tekanan saat panas bisa membuat air muncrat. Tunggu mesin dalam kondisi dingin, lalu isikan coolant yang banyak tersedia di pasaran.

Peringatan Ganti Oli

Jika indikator ini menyala ada kemungkinan oli sudah berkurang atau saatnya ganti oli karena tekanan oli mesin mobil terlalu rendah. Jangan mengabaikan indikator oli yang menyala, bisa berakibat mesin mobil mati atau mogok.

Peringatan Pintu

Indikator ini menyala saat pintu terbuka, atau tertutup tapi kurang rapat. Baik pintu penumpang ataupun bagasi. Apabila pintu sudah tertutup sempurna semua, indikator ini baru akan padam. Keberadaan indikator ini sangat berkaitan dengan safety pengendara dan pengguna jalan lain.

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products