Jangan Main Hantam, Laher Cepat Rusak

26-May-2018

Category : Bearing
Jangan Main Hantam, Laher Cepat Rusak

Lagi enak-enaknya ngegas, meliuk di jalur turing, lalu mendadak motor oleng? Padahal semua ban dalam kondisi bagus, semua baut terpasang kencang dan tidak ada yang kempes. Kalau begitu, masalahnya ada di bearing atau laher rusak.

Laher roda terdiri atas 3 bagian, bagian luar lingkaran besi, bagian tengah bola-bola besi dan bagian dalam atau poros bearing. Bola-bola merupakan bagian yang paling mudah rusak karena berputar mengikuti poros bearing sesuai putaran roda motor.

 

Kerusakan ini paling sering dialami biker yang doyan menggeber motornya, baik turing atau sehari-hari, di jalanan yang permukaannya buruk. Lubang, polisi tidur atau benjolan dihajar habis tanpa mengurangi kecepatan. Akhirnya, laher rusak karena terlalu sering menerima hantaman.

 

Kemungkinan kedua, kerusakan terjadi di karet-karet antar laher. Karet ini berfungsi melindungi laher dari kotoran. Kalau karetnya getas atau rusak, maka kotoran pun leluasa menempel di bagian dalam. Akibatnya laher kotor, karatan dan akhirnya rusak. Kalau sudah begini, solusinya cuma ganti, beli bearing baru.

 

Pemasangan yang tidak presisi, juga bisa merusak bearing. Biasanya setelah dibongkar karena modifikasi, ganti pelek. Kalau pemasangan kembalinya tidak pas, lama-lama akan merusak komponen roda ini. Nah, jangan lupa cek semua bagian laher sebelum mudik ya. Biar perjalanan dan liburan menyenangkan, bebas dari oleng...

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products