Jangan Main Hantam, Laher Cepat Rusak

26-May-2018

Category : Bearing
Jangan Main Hantam, Laher Cepat Rusak

Lagi enak-enaknya ngegas, meliuk di jalur turing, lalu mendadak motor oleng? Padahal semua ban dalam kondisi bagus, semua baut terpasang kencang dan tidak ada yang kempes. Kalau begitu, masalahnya ada di bearing atau laher rusak.

Laher roda terdiri atas 3 bagian, bagian luar lingkaran besi, bagian tengah bola-bola besi dan bagian dalam atau poros bearing. Bola-bola merupakan bagian yang paling mudah rusak karena berputar mengikuti poros bearing sesuai putaran roda motor.

 

Kerusakan ini paling sering dialami biker yang doyan menggeber motornya, baik turing atau sehari-hari, di jalanan yang permukaannya buruk. Lubang, polisi tidur atau benjolan dihajar habis tanpa mengurangi kecepatan. Akhirnya, laher rusak karena terlalu sering menerima hantaman.

 

Kemungkinan kedua, kerusakan terjadi di karet-karet antar laher. Karet ini berfungsi melindungi laher dari kotoran. Kalau karetnya getas atau rusak, maka kotoran pun leluasa menempel di bagian dalam. Akibatnya laher kotor, karatan dan akhirnya rusak. Kalau sudah begini, solusinya cuma ganti, beli bearing baru.

 

Pemasangan yang tidak presisi, juga bisa merusak bearing. Biasanya setelah dibongkar karena modifikasi, ganti pelek. Kalau pemasangan kembalinya tidak pas, lama-lama akan merusak komponen roda ini. Nah, jangan lupa cek semua bagian laher sebelum mudik ya. Biar perjalanan dan liburan menyenangkan, bebas dari oleng...

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products