20-February-2019
Category : MesinKebutuhan penggunaan mobil dengan transmisi otomatis semakin meningkat. Terlebih kondisi jalan kota-kota besar semakin macet dan padat.Dengan menggunakan transmisi otomatis, pengemudi akan mendapatkan kemudahan dan kesenangan dalam berkendara.
Namun, saat di tanjakan atau turunan, masih banyak pengendara yang belum bisa mengoptimalkan tenaga dari mobil bertransmisi otomatis. Padahal dengan sistem transmisi yang bisa bekerja sendiri, mobil matik memiliki banyak keuntungan, salah satunya soal kemudahan saat mengendalikan. Pengemudi tinggal mengatur pijakan pada pedal rem dan pedal gas, kendaraan akan bergerak naik.
Nah, untuk mengoptimalkan penggunaan mobil matik saat di jalanan naik-turun curam ada beberapa hal yang wajib jadi perhatian. Salah satunya adalah menggunakan fitur Over Drive (O/D). Over Drive (O/D) merupakan opsi yang disematkan pada jenis transmisi otomatis. Opsi O/D digunakan ketika mesin membutuhkan putaran mesin lebih tinggi, khususnya pada posisi menanjak dan mendahului kendaraan. Selain itu gunakan gigi rendah. Hal tersebut untuk menghasilkan torsi lebih maksimal sesuai kebutuhan tenaga. Sementara untuk kontur jalan menurun, posisi 1/L (low) membantu pengereman melalui engine brake.
Sementara untuk kontur jalan menanjak landai, sebaiknya pindahkan tuas pada posisi 2/S (Second). Pada posisi tersebut, menghasilkan kombinasi tepat antara torsi dan tenaga untuk menaklukkan jalur menanjak.
Jika mobil matik Anda sudah dilengkapi fitur shifttronic atau tuas bisa dipindahkan secara manual, sebaiknya gunakan. Tujuannya untuk mengatur tenaga sesuai dengan kontur jalan. Oh ya, fitur ini juga memungkinkan pengemudi mendapatkan engine brake tambahan saat jalan menurun, jika memakai gigi lebih rendah.
Foto: Shutterstock/delphinmedia