Klep Mesin Wajib Disetel Dengan Benar Agar Performa Maksimal

04-March-2019

Category : Mesin
 Klep Mesin Wajib Disetel Dengan Benar Agar Performa Maksimal

Banyak pengguna sepeda motor zaman sekarang yang tak terlalu paham atau bahkan menghiraukan soal fungsi setel klep/valve. Padahal setel klep berguna buat menjaga jarak renggang klep untuk menjaga performa motor tetap maksimal dan efisien.

Klep atau valve merupakan komponen mesin yang sifatnya dinamis dan biasanya terpasang pada kepala silinder. Terbuat dari bahan yang cukup keras dan bisa dengan mudah menghantarkan panas.Kekuatan ini diperlukan karena klep harus kerjanya harusbergesekan saat menerima panas dan tekanan yang tinggi, serta selalu bergerak naik dan turun.

Karena itulah produk klep/valve Indoparts dilapisi dengan material alloy Stellite pada permukaan payung klep untuk menambah kekuatan dan usia pemakaiannya. Hal ini bisa dibuktikan dengan pengetesan sederhana dengan menggergaji valve exhaust Indoparts, maka akan didapati permukaannya tidak ada terdapat gesekan.

Baik in dan exhaust valve Indoparts dilapisi material Stellite hingga ke bagian headstem atau yang bersinggungan dengan rocker arm mesin. Selain itu dengan melalui proses pembuatan nitrited, klep Indoparts akan tahan terhadap panas dan aus akibat gesekan antar komponen.

Dengan kelebihan tersebut maka Anda tinggal menyesuaikan jarak renggang klep sesuai spesifikasi mesin motor. Namun perhatikan jika setelah klep terlalu rapat dan tidak sesuai standar, dampaknya timing membuka dan menutup klep lebih lama. Hal tersebut membuat gas lebih banyak masuk. Mesin pun akan cepat panas, konsumsi bahan bakar lebih boros, dan tenaga mesin akan berkuran.

Sedangkan jika setelan klep terlalu renggang, efeknya pemasukan campuran bahan bakar dan udara berlangsung cepat sehingga jumlah campuran yang masuk sedikit. Akibatnya akan membuat suara mesin berisik, tekanan kompresi rendah, dan gas buang juga tidak bersih.
 

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products