5 Komponen Kaki-kaki Mobil Yang Wajib Diketahui

12-March-2019

Category : Suspensi
5 Komponen Kaki-kaki Mobil Yang Wajib Diketahui

Mari kita berkenalan dengan komponen kaki-kaki mobil. Faktanya komponen-komponen tersebut sangat penting terhadap kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Selain itu perlu juga dilakukan pengecekan dan perawatan rutin, apalagi jika sering meghadapi jalanan tidak rata atau berlubang. Nah, ini dia 5 komponen kaki-kaki yang wajib Anda tahu:

 

1. Roda
Komponen kaki-kaki yang membuat mobil berjalan dengan transfer tenaga dari mesin. Selain itu fungsinya adalah penahan seluruh berat kendaraan, sebagai bantalan yang menghubungi antara permukaan jalan dengan kendaraan, dan memberi kenyamanan pada saat berjalan.

2. Suspensi
Suspensi berfungsi sebagai peredam kejut atau getaran yang terjadi akibat jalanan yang tidak rata yang dapat meningkatkan kenyamanaan berkendara serta pengedalian kendaraan.Suspensi terletak antara roda dengan bodi kerangka mobil. Banyak jenis suspensi tergantu jenis mobil dan peruntukkannya. Misalnya tipe independent yang dirancang untuk kenyamanan, serta tipe rigid untuk membawa beban berat.

3. Tie rod
Komponen ini berfungsi sebagai penghubung setir dan pengikat roda agar dapat dibelokkan. Karena itu wajib  dijaga daya ikatnya karena apabila bila terjadi kelonggaran mengakibatkan bunyi-bunyi di kolong mobil serta membuat roda menjadi tidak stabil.

4. Ball joint
Sesuai dengan namanya bentuknya seperti bola. Dengan posisinya yang berada di dudukan roda dan juga sebagai penghubung lengan ayun untuk memudahkan suspensi bergerak yang menahan roda agar tidak lepas dari sasis.

5. Bushing
Bushing berbentuk karet yang berfungsi untuk meredam getaran agar tidak mengganggu komponen logam lain yang tersambung. Peran komponen ini berpengaruh pada kenyamanan dalam mengemudi.Pada umumnya bushing memiliki dua jenis berdasarkan tempatnya yaitu Bushing stabilizer sebagai pengikat ke sasis mobil, sedangkan bushing swing arm untuk meredam getaran pada saat mobil berjalan.

 

Foto: Pixabay/Free-Photos
 

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products