Ternyata Banyak Manfaat Positif Jika Rutin Spooring dan Balancing!

28-February-2019

Category : Roda & Ban
Ternyata Banyak Manfaat Positif Jika Rutin Spooring dan Balancing!

Kaki-kaki mobil merupakan faktor penunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara. Karena itu sebisa mungkin lakukan perawatan rutin untuk menjaga kondisinya tetap prima.

Terutama dengan melakukan spooring dan balancing untuk menjaga keseimbangan roda dengan kemudi. Soal keseimbangan ini menjadi amat vital karena jika tidak sinkron bisa memicu kecelakaan.

Keseimbangan roda dan kemudi bisa diidentifikasi saat mobil dibawa dalam kecepatan tertentu namun setir terasa bergetar. Atau saat di jalan lurus dan rata, setir cenderung menarik ke kiri atau ke kanan. Jika sudah seperti itu dipastikan ada sudut kaki-kaki yang tidak pas atau lurus.

Nah, di sinilah peranan spooring dan balancing untuk menjaga kestabilan kendaraan dan memaksimalkan radius putaran ban.Spooring sendiri adalah proses pelurusan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sedangkan balancing menyeimbangkan keempat roda agar putarannya menjadi seimbang.

Selain gejala di atas, sebaiknya Anda juga melakukan spooring dan balancing saat melakukan penggantian ban atau melakukan rotasi ban tiap 2-3 bulan sekali. Sebaiknya sebelum melakukan spooring dan balancing di bengkel, periksa terlebih dulu kondisi kaki-kaki mobil untuk memastikan tak ada komponen yang abormal (sokbreker bocor, tie rod aus, dan sebaginya) supaya hasilnya maksimal dan tidak mengulang.

Melakukan spooring dan balancing secara rutin akan membawa banyak manfaat selain kenyamanan dan keselamatan. Yaitu menghemat pemakaian ban karena terhindar daru keausan ban yang tak merata, efisiensi bahan bakar maksimal, kendali mobil lebih stabil, menghilangkan suara berdecit ketika roda berbelok, serta menjaga keawetan komponen kaki-kaki.

 

Foto: Shutterstock/Quality Stock Arts
 

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products