Yuk, Cegah Rantai Motor Karatan!

18-March-2019

Category : Rantai & Belt
 Yuk, Cegah Rantai Motor Karatan!

Rantai merupakan salah satu komponen penting buat sepeda motor, karena fungsinya untuk meneruskan tenaga dari mesin untuk menggerakan roda. Karena komponen ini senantiasa bergerak, maka rantai akan mengalami berbagai masalah.

Salah satu yang sering terjadi adalah berkarat karena material pembentuknya adalah besi. Rantai yang karatan tak hanya akan membuat tampilan motor terkesan tak terawat, karat juga akan menimbulkan suara berisik ketika motor digunakan. Hal ini karena permukaan karat membuat rantai kaku. Lantas bagaimana cara mencegah rantai biar tak berkarat?

Langkahnya sederhana karena yang harus dilakukan adalah rutin mengecek kondisinya. Apalagi jika sering terkena air hujan, maka jangan dibiarkan kering karena air hujan memiliki zat asam yang bisa memicu karat.

Untuk mencegah karat maka sebaiknya bersihkan rantai dari air hujan dan kotoran yang menempel pakai sikat, lantas siram dengan air mengalir, lalu genapi dengan melumasinya pakai pelumas khusus rantai.

Oh ya, sebaiknya saat akan membersihkan rantai masih dalam kondisi hangat atau sesaat setelah berhenti di tujuan. Supaya rantai lebih lentur dan lebih siap dibersihkan karena habis berputar. Gunakan standar tengah untuk membuat motor berdiri sempurna, sehingga pembersihan rantai bisa maksimal.

Sedikit tambahan, pembersihan jangan hanya fokus pada rantai saja.Usahakan juga buat sikat sproket atau gir rantai juga. Pasalnya, bagian ini juga paling rentan terhadap kotoran. Untuk itu pakailah kain yang dilarutkan ke detergen. Namun jika kotorannya membandel, pakai pisau dempul berbahan plastik untuk mengerik kotorannya.

 

Foto: Shutterstock/Sonchai Pooyiem Thailand

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products