Kapan Sebaiknya Setel Klep Motor?

10-January-2019

Category : Mesin
Kapan Sebaiknya Setel Klep Motor?

Untuk menjaga performa dan fungsi sepeda motor secara keseluruhan, sebaiknya ikuti anjuran pabrikan untuk melakukanservis ringan secara berkala.Dalam prosedur servis tersebut mekanik akan melakukan beberapa pemeriksaan terhadap bagian motor. Mulai dari fungsi mesin, kaki-kaki, hingga sistem kelistrikan.

Pada sektor mesin, bagian yang diperiksa oleh mekanik antara lain adalah kondisi oli, busi, ruang bakar serta kerenggangan klep. Yang disebut terakhir jangan sampai terlewat dilakukan untuk motor bertipe mesin 4 langkah.

Jarak renggang klep diperlukan agar tarikan motor tidak menurun dan tidak boros konsumsi bahan bakarnya. Klep atau valve sendiri merupakan komponen mesin motor yang sifatnya dinamis dan biasanya terpasang pada kepala silinder.

Klep terbuat dari bahan yang cukup keras dan bisa dengan mudah menghantarkan panas.Kekuatan ini diperlukan karena harus tahan panas dan gesekan saat menerima panas dan tekanan yang tinggi dan selalu bergerak naik dan turun.

Lantas kapan waktu yang dianjurkan untuk melakukan setel klep? Untuk motor yang dipakai harian, pemeriksaan celah kerenggangan klep bisa dilakukan setiap 2.000 km atau saat servis ringan. Kalau celah klep longgar biasanya mekanik akan melakukan penyetelan sesuai standarisasi mesin motor bersangkutan.

Setel klep juga sebaiknya dilakukan kalau mesin motor sudah mengeluarkan suara ngelitik terus menerus ketika menyala. Bunyi tersebut adalah indikasi klep yang sudah longgar. Untuk motor baru juga wajib melakukan penyeletan klep jika jarak tempuhnya mencapai 1.000 km atau sudah waktunya servis pertama sesuai buku petunjuk pemilik kendaraan.
 

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products