Benarkah Mobil Bertransmisi Otomatis Lebih Boros Kampas Rem?

20-January-2019

Category : Pengereman
Benarkah Mobil Bertransmisi Otomatis Lebih Boros Kampas Rem?

Jika Anda pengguna mobil bertransmisi otomatis (matik), sebaiknya ketahui jika kampas rem merupakan salah satu bagian yang perlu mendapat perhatian lebih. Pasalnya kampas rem mobil bertransmisi otomatis lebih cepat habis dibanding mobil dengan sistem transmisi manual.

Karakter transmisi memudahkan pengemudi karena tak perlu repot mengganti gigi setiap saat. Namun ternyata transmisi matik ini membuat peranti penghenti laju kendaraan bekerja lebih berat. Soalnya di mobil matik nyaris tidak memiliki engine brake. Belum lagi saat melalui jalur yang macet, pedal rem pasti lebih sering diinjak oleh pengemudi.

Tak heran jika kampas rem mobil matik khususnya bagian depan, umurnya lebih pendek ketimbang milik mobil manual. Biasanya masa pakainya antara 35.000 sampai 40.000 km. Bandingkan dengan kampas depan rem mobil  manual yang bisa tembus 60-70 ribu km.

Indikasi menipisnya kampas rem bisa terasa ketika pedal diinjak tetapi mobil masih meluncur. Kalau sudah seperti itu, maka segera lakukan penggantian kampas rem di bengkel terdekat.

Bila ingin memperpanjang usia kampas rem, Anda bisa melakukan pengereman mesin lebih kuat dengan memasukkan ke posisi gigi rendah saat deselerasi. Tak perlu takut mesin over rev, karena transmisi otomatis saat ini sudah memiliki pengaman. Ia tak akan berpindah lebih rendah lagi jika ditengarai bakal membuat mesin berputar melewati batas.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products