Perhatikan Cara Mudah Cek Kerusakan Bearing Roda Berikut Ini

14-January-2019

Category : Roda & Ban
Perhatikan Cara Mudah Cek Kerusakan Bearing Roda Berikut Ini

Untuk mengetahui ada atau tidaknya kerusakan pada laher atau bearing roda mobil, Anda harus mengetahui terlebih dulu cara mengeceknya.

Cara cek laher atau bearing yang rusak ini dapat dilakukan dengan mudah lewat beberapa cara.

Fungsi bearing sendiri adalah menjaga agar poros ban atau as roda tidak langsung bergesekan dengan rumah roda. Komponen ini juga didesain minim friksi, sehingga ketika roda berputar bisa terjaga stabil. Lantas bagaimana cara mendeteksi kerusakannya?

Dengungan pada kecepatan tertentu menjadi ciri awal kerusakan bearing roda. Suara gemuruh yang ditimbulkan akibat kerusakan laher atau bearing ini biasanya akan terdengar semakin keras saat kecepatan mobil meningkat. Dan biasanya suara gemuruh akan masuk ke kabin dan cukup mengganggu.

Cara cek laher atau bearing yang rusak berikutnya adalah dengan mendongkrak mobil. Ketika mobil sudah didongkrak, yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah memutar roda. Ketika roda sedang dalam posisi berputar, segera pegang bagian sokbreker atau low arm. Jika terjadi kerusakan pada laher roda maka Anda akan merasakan getaran pada bagian kaki-kaki mobil itu.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kerusakan bearing roda dengan melihat adanya gesekan antar logam yang tidak di beri pelumas.

Cara mengetahui laher atau bearing yang rusak selanjutnya adalah dengan cara memegang ban mobil bagian atas dengan satu tangan, lalu pegang bagian bawah ban dengan tangan lainnya dalam posisi mobil sedang didongkrak. Lalu putar roda tersebut. Jika ban terasa berputar dan bergerak tidak wajar seperti oblak atau oleng maka bisa dipastikan bearing roda sudah rusak.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products