Kenali Istilah Ban HT, AT, dan MT Untuk SUV

28-January-2019

Category : Perlistrikan
Kenali Istilah Ban HT, AT, dan MT Untuk SUV

Saat ini hampir semua pabrikan mobil memiliki model SUV (Sport Utility Vehicle) sebagai salah satu model mobil paling diminati khalayak karena kemampuannya “dua alam”-nya.

Ciri khas SUV pada umumnya berbodi besar dan gagah, yang didukung dengan roda (baca: pelek dan ban) besar untuk mengimbangi tubuhnya.

Pelek yang dipakai biasanya memiliki ukuran diameter lebih besar yang dibalut ban berprofil tebal. Bahkan untuk beberapa model SUV spek bannya disesuaikan dengan medan yang akan sering dilalui pemiliknya.

Nah, setidaknya ada tiga jenis ban SUV yang menjadi pilihan manufaktur mobil untuk menguatkan karakter SUV jualannya. Masing-masing adalah ban berjenis HT (Highway Terrain), AT (All Terrain), dan MT (Mud Terrain). Di bawah ini penjelasannya:

  • HT (Highway Terrain).Ban ini didesain untuk jalan raya. Punya daya cengkeram kuat di aspal dan tingkat kebisingan cukup rendah. Biasanya dipakai SUV-SUV premium.
  • AT (All Terrain). Jenis ban ini cocok dipakai untuk trek harian dan sesekali light off-road. Tidak terlalu bising di jalan aspal dan memberikan cengkeraman yang baik di jalan basah maupun kering. Serta memberikan traksi yang cukup di jalan tanah.
  • MT (Mud Terrain). Jenis ban untuk di medan berat yang bertanah dan lumpur yang lebih dikenal dengan nama ban “tahu” karena memiliki kembangan kasar. Meski ban ini bisa dipakai di aspal, namun perlu diperhatikan kecepatan maupun traksinya yang kurang maksimal. Selain itu tingkat kebisingan dapat mengurangi kenyamanan saat berkendara.
     

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products