Pahami Waktu Ideal Penggantian Filter Mesin Mobil Anda

26-January-2019

Category : Mesin
Pahami Waktu Ideal Penggantian Filter Mesin Mobil Anda

Selain mengganti pelumas mesin secara berkala, pemilik mobi sebaiknya jangan melupakan penggantian filter oli.

Pada dasarnya, Filter oli memiliki fungsi yang tidak kalah penting dari komponen lainnya di kendaraan. Fungsinya menyaring kotoran yang akan masuk bagian mesin kendaraan.

Dengan menggunakan filter oli, mesin akan lebih awet karena mencegah kotoran yang masuk ke dalam mesin. Pertanyaannya, kapan waktu ideal untuk mengganti filter oli? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, pahami dulu bahwa filter oli adalah komponen yang bersifat sekali pakai, bukan untuk dipakai berulang-ulang demi menjaga performanya.

Namun ada asumsi mengatakan bahwa filter oli diganti setiap 10.000 km, atau setiap 2 kali mengganti oli mesin. Meski di buku manual pemilik kendaraan hal tersebut sah-sah saja dilakukan,namun alangkah lebih baik jalani penggantian filter oli bersamaan mengganti oli mesin secara berkala atau 1:1.

Sebab jika Anda mengganti oli mesin tanpa mengganti filter oli, maka oli sisa yang mengendap pada filter jadi tidak terbuang semua. Ada sekitar 1/4 atau 1/5 oli yang mengendap dalam filter oli. Akibatnya oli mesin baru akan bercampur dengan oli mesin lama yang mengendap di filter oli. Setelah itu, oli mesin lama dan baru akan bercampur dan masuk ke mesin kendaraan.

Oli yang sudah tidak dalam kondisi baik, akan mengurangi performa oli di mesin kendaraan. Akhirnya, fungsi oli sebagai pelindung, pembersih dan sebagai pendingin mesin tidak dapat berfungsi secara maksimal. Padahal harga filter oli mobil relatif sangat terjangkau.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products