Musim Hujan Waktunya Cek Kelistrikan Mobil

10-December-2018

Category : Perlistrikan
Musim Hujan Waktunya Cek Kelistrikan Mobil

Intensitas hujan memasuki awal tahun diperkirakan belum akan berakhir dalam waktu dekat. Perkiraannya malah semakin membesar hingga bulan Maret 2019 mendatang. Maka untuk mengantisipasi permasalahan yang tak diinginkan pada tunggangan terutama untuk mobil di atas 10 tahun, ada baiknya dicek sistem kelistrikan mobil.

Meski kerap diabaikan, faktanya air bisa menjadi pemicu terjadinya hantaran arus listrik yang tidak semestinya ke bagian-bagian logam mobil, sehingga terjadi korsleting. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memeriksa kabel-kabel kelistrikan mobil. Cek apakah ada yang mengelupas atau sambungan-sambungannya terlepas.

Terlebih di saat menerabas guyuran hujan, tak menutup kemungkinan air masuk ke bagian bawah kap mesin. Embusan angin yang kuat atau memang ada celah juga memungkinkan air merembes ke balik kap mobil.

Lebih jeli, sebaiknya diperiksa kabel-kabel lampu mulai dari lampu utama, lampu belakang, hingga sein. Pastikan tidak ada lampu yang mati gara-gara kabelnya yang putus atau bohlam lampu yang sudah aus. Pasalnya lampu bakal menjadi sarana komunikasi dengan pengguna kendaraan lain di jalan. Apalagi di saat hujan deras, dimana guyuran air yang lebat menyulitkan jangkauan pandang. Isyarat lampu sangat vital.

Seiring dengan kepastian kelistrikan ini, sebaiknya memeriksakan aki yang merupakan sumber utama arus listrik mobil. Cek dengan avometer atau peralatan di bengkel untuk mengetahui seberapa besar daya yang masih ada di aki. Dan jangan lupa membersihkan kepala atau terminal aki dari kerak, ampelas, dan bersihkan dengan cairan lalu keringkan, serta beri sedikit gemuk.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products