Rawat Rem Cakram, Jamin Rem Tetap Pakem

17-December-2018

Category : Pengereman
Rawat Rem Cakram, Jamin Rem Tetap Pakem

Rem cakram memastikan keselamatan dan kenyamatan bikers dengan lebih baik. Rem cakram memiliki performa lebih baik, memastikan rem lebih pakem, usia pakai atau daya tahannya juga lebih panjang.

Tapi seiring pemakaian, rem cakram bisa saja macet saat bekerja dan membuat kemampuan menekan kampas berkurang.

Untuk memastikan seluruh fitur dan keuntungan ini, kita juga mesti selalu memastikan rem cakram dalam kondisi prima. Paling mendasar, rawat dan selalu jaga kebersihannya. 

Master Rem
Problem ini biasanya muncul karena faktor waktu, rem dan motor sudah berumur cukup lama. Master rem kotor bisa bikin pengereman macet dan berpotensi merusak piringan cakram itu sendiri. Saat pengereman, tuas rem terasa keras, berkurang pakemnya dan membuat tangan dan jari-jari pegal. Ini biasanya karena master rem kotor dan kotorannya mengering. Agar tekanan rem kembali normal, bersihkan master rem dan lumas dengan gemuk secukupnya. 

Kaliper
Posisi kaliper yang berada di bagian bawah motor, dekat dengan roda, membuat spareparts motor ini lebih cepat kotor. Apalagi bila sering melewati jalanan berdebu atau mulai musim hujan dan sering melibas genangan. Bersihkan kaliper berikut pistonnya secara teratur. Jangan lupa, lumasi braket kaliper untuk menjaga kelenturannya. Braket yang kaku bisa membuat kampas rem habis sebelah. 

Kampas Rem
Tak hanya dibersihkan, pastikan ketebalan dan kualitas kampas rem selalu baik. Cek kondisinya, apakah sudah sering berdecit, alur pada kampas rem mulai hilang atau malah sudah rata. Kalau sudah rata, waktunya ganti spareparts motor, beli kampas rem baru.

Minyak Rem
Ganti minyak rem setiap 2 tahun. Minyak rem yang menekan piston kaliper harus selalu dijaga kualitas dan kondisinya. Kalau kelamaan, kualitasnya ajan menurun. Kalau sudah terlalu buruk, ini yang bikin rem terasa ngempos. Minyak rem yang sudah terlalu lama tak diganti akan jadi lumpur dan menghambat selang rem dan kaliper. Ini yang bikin rem jadi keras. Penggantiannya gampang, kuras dengan brake bleeder atau serahkan pada ahlinya di bengkel.

Related Articles

Musim hujan berarti waktunya waspada tikus masuk ke mobil. Karena ruang mesin mobil senantiasa panas, maka hewan pengerat tersebut mencari ruangan untuk menghangatkan tubuhnya. Dan ruang mesin adalah tempat yang dipilih tikus untuk berlindung selama hujan.

Tahukah Anda jika ban tidak sesederhana kelihatannya. Faktanya pada sebuah ban terdapat beberapa kode dan simbol yang wajib diketahui. Kode dan simbol tersebut tak hanya menerangkan seputar spesifikasinya saja, namun juga performa ban saat dipakai.

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Related Products