CVT Sehat dan Terawat, Skutik Sehat

18-December-2018

Category : Roda & Ban
CVT Sehat dan Terawat, Skutik Sehat

CVT merupakan salah satu spareparts terpenting untuk skutik. Selain mesin, skutik mengandalkan fungsi geraknya pada CVT.

Meski tak terlihat, bentuknya tertutup, skutik harus selalu dirawat untuk memastikan ‘kesehatannya’. Perawatan CVT memang tak banyak, tapi tetap perlu agar kinerjanya terjaga, umurnya juga panjang.

Perawatan paling mendasar, minta mekanik atau bengkel untuk melakukan pengecekan CVT saat servis rutin. Pastikan kebersihan V-belt dan roller, cek kondisi atau tingkat keausannya. Cek V-belt apakah ada bagian belt yang mulai getas atau masih bagus. Pengecekan keausan ini juga perlu dilakukan untuk bagian lain, kampas kopling apakah sudah perlu diganti atau belum. Juga periksa rumah roller dan puli. 

Saat pengecekan ini, bisa ditambahkan gemuk atau grease pada beberapa bagian komponen. Grease berfungsi sebagai pelumas untuk mencegah parts bergesekan. Pada CVT, grease perlu diberikan untuk seluruh puli, depan dan belakang. 

Pada puli CVT belakang, tersebut komponen yang disebut pin guide yang berfungsi sebagai as yang menjaga puli bergerak sesuai jalurnya. Bila tidak diberi grease, jalur pin lama-lama akan tergerus karena gesekan. Akibatnya, puli belakang jadi oblak. Tandanya, suara CVT jadi kasar dan tarikan berat. Kalau sudah parah, CVT bisa macet karena puli belakang tidak bekerja optimal bahkan macet. Akibatnya, V-belt pun terkunci.

Related Articles

Musim hujan berarti waktunya waspada tikus masuk ke mobil. Karena ruang mesin mobil senantiasa panas, maka hewan pengerat tersebut mencari ruangan untuk menghangatkan tubuhnya. Dan ruang mesin adalah tempat yang dipilih tikus untuk berlindung selama hujan.

Tahukah Anda jika ban tidak sesederhana kelihatannya. Faktanya pada sebuah ban terdapat beberapa kode dan simbol yang wajib diketahui. Kode dan simbol tersebut tak hanya menerangkan seputar spesifikasinya saja, namun juga performa ban saat dipakai.

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Related Products