Modifikasi Audio, Bisa Bikin Mesin Mati Mendadak

18-December-2018

Category : Perlistrikan
Modifikasi Audio, Bisa Bikin Mesin Mati Mendadak

Tak hanya manusia, mobil juga bisa kena ‘serangan jantung’, tiba-tiba mesin mati. Ini merupakan salah satu momok paling menyusahkan.

Karena mobil tak hanya susah dihidupkan, tapi bisa saja saat berada di tengah jalan lalu tiba-tiba mesin mobil ‘tanpa sebab’ berhenti beroperasi, mati. Tapi semua ada sumbernya, termasuk mesin mati mendadak. Ada beberapa hal yang memicunya, salah satunya modifikasi lampu atau audio yang berlebihan. 

Alternator Rusak 
Altenator merupakan spareparts kendaraan yang vital, karena bertugas menyuplai listrik ke aki. Kalau bagian ini rusak, maka suplai listrik ke aki pun terganggu, aki tak terisi. Akibatnya, mesin jadi mati. Kerusakan altenator paling umum terjadi karena faktor usia. Biasanya saat mobil melewati usia 5 tahun, saat itulah kinerja altenator mulai menurun. Tapi bisa juga lebih cepat, karena altenator biasa dipaksa bekerja keras karena beban listrik yang berlebihan, yaitu banyaknya peranti elektronik di mobil. Seperti modifikasi lampu atau audio. 

Sekering Putus 
Ini seperti listrik di dalam rumah, kalau ada spareparts kelistrikan yang rusak atau tak berfungsi dengan baik, makan sekering akan putus. Seperti alternator, sekering bisa rusak karena suplai listrik melebihi kebutuhan atau kapasitasnya. Pastikan ukuran sekering sesuai dengan besaran kebutuhan aliran listrik. 

Overheat 
Nah, ini akibatnya kalau ‘malas’ memeriksa kendaraan sebelum berangkat. Pastikan buka kap mesin sebelum berangkat, cek semua bagian, termasuk level air radiator. Jangan sampai lagi di tengah macet, mendadak mesin mati karena air radiator kering dan overheat. 

Jangan Panik, Pinggirkan
Lalu bagaimana kalau sampai mobil kena ‘serangan jantung’ ini? Jangan panik, selagi masih memungkinkan pinggirkan kendaraan. Cari tempat aman dan teduh, agar kita tak makin stress. Jangan lupa, pasang pasang segitiga pengaman atau benda lain yang bisa menjadi penanda keberadaan kendaraan yang rusak. Jangan terlalu dekat, letakan penanda setidaknya 30 - 50 meter dari lokasi rusaknya kendaraan agar kendaraan lain punya waktu untuk mengurangi kecepatan.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products