Servis Rem Perlunya Bagian Yang Mana Aja Sih?

24-December-2018

Category : Pengereman
Servis Rem Perlunya Bagian Yang Mana Aja Sih?

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Jangan sampai liburan Anda menjadi tak menyenangkan karena mobil bermasalah di jalan. Nah, salah satu menu persiapan yang wajib dilakukan adalah servis rem.

Lantas, apa yang mungkin dilakukan dalam proses servis rem ini? Yang pertama adalah kampas rem. Jika kampas rem sudah tipis (kurang dari 2mm), sebaiknya segera diganti apalagi untuk perjalanan jauh. Jangan sembarangan memilih kampas rem, sebaiknya pakai yang teruji kualitasnya seperti brake parts lansiran Indoparts.

Kedua, jika mendapati oli bocor dari master rem, selang rem atau bagian rem lainnya patut waspada. Artinya ada kemungkinan terdapat part yang harus diganti. Bisa saja seal-seal-nya, komponen dalam master rem, atau bahkan selangnya. Maka sebaiknya pastikan dulu bagian mana yang apkir untuk memutuskan penggantiannya.

Ketiga, anda mungkin harus bersiap juga untuk membeli oli/minyak rem karena pada umumnya dalam servis rem akan ada minyak yang terbuang. Minyak rem sendiri memiliki beberapa jenis tergantung angka DOT (titik didih). Umumnya mobil-mobil baru memakai minyak rem spesifikasi DOT 4, maka cermati kemasan minyak rem sebelum Anda membelinya.

Keempat, cermati permukaan cakram. Jika bergelombang ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah membubut permukaannya supaya rata kembali, namun pastikan jangan sampai membuat cakram terlalu tipis. Langkah kedua adalah menggantinya dengan cakram yang baru.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products