Ganti 4 Komponen Ini Saat Beli Mobil Bekas

08-December-2018

Category : Mesin
Ganti 4 Komponen Ini Saat Beli Mobil Bekas

Beli mobil bekas, rasa mobil baru? Bisa saja! Kuncinya ada di spareparts mobil bekas yang baru dibeli.

Walau terlihat dalam kondisi bagus, bahkan ketika dilakukan pengetesan mobil bekas menunjukkan kondisi yang baik, beberapa komponen sebaiknya tetap diganti dengan yang baru. Ini untuk memastikan kinerja mobil tetap maksimal, hingga keselamatan. Hasilnya, mobil bekas tapi rasa gres. 

Oli 
Kita tidak tahu secara persis, kapan terakhir kali pemilik mobil sebelumnya mengganti oli-oli kendaraan. Ganti seluruh oli dengan yang baru begitu mendapatkan mobil. Kalau pada manusia, ini seperti cuci darah, seluruh bagian kendaraan dialiri dengan oli yang segar. Baik itu oli mesin, transmisi, oli power steering, oli gardan dan oli rem.

Aki 
Aki merupakan spareparts penting yang menjadi sumber tenaga seluruk komponen kelistrikan kendaraan. Ganti dengan yang baru, untuk memastikan seluruh komponen bekerja dengan optimal, dengan sumber tenaga yang kondisinya masih prima. 

Filter/Saringan
Ganti seluruh filter kendaraan dengan yang baru. Ganti filter udara untuk menghindarkan bagian mesin dari debu dan kotoran. Filter udara yang bagus memastikan aliran udara ke dalam mesin lancar, kinerjanya juga optimal. Ganti filter oli dan bensin, agar suplai cairan dan bahan bakar juga melalui saluran yang gres seperti mobil baru. 

Spareparts lain
Agar kondisi seluruh spareparts lebih optimal, lakukan perawatan tambahan. Seperti spooring dan balancing agar sudut roda depan dan putaran roda kembali stabil. Periksa juga komponen utama mesin mobil seperti busi dan AC, kalau perlu lakukan servis AC.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products