Ganti 4 Komponen Ini Saat Beli Mobil Bekas

08-December-2018

Category : Mesin
Ganti 4 Komponen Ini Saat Beli Mobil Bekas

Beli mobil bekas, rasa mobil baru? Bisa saja! Kuncinya ada di spareparts mobil bekas yang baru dibeli.

Walau terlihat dalam kondisi bagus, bahkan ketika dilakukan pengetesan mobil bekas menunjukkan kondisi yang baik, beberapa komponen sebaiknya tetap diganti dengan yang baru. Ini untuk memastikan kinerja mobil tetap maksimal, hingga keselamatan. Hasilnya, mobil bekas tapi rasa gres. 

Oli 
Kita tidak tahu secara persis, kapan terakhir kali pemilik mobil sebelumnya mengganti oli-oli kendaraan. Ganti seluruh oli dengan yang baru begitu mendapatkan mobil. Kalau pada manusia, ini seperti cuci darah, seluruh bagian kendaraan dialiri dengan oli yang segar. Baik itu oli mesin, transmisi, oli power steering, oli gardan dan oli rem.

Aki 
Aki merupakan spareparts penting yang menjadi sumber tenaga seluruk komponen kelistrikan kendaraan. Ganti dengan yang baru, untuk memastikan seluruh komponen bekerja dengan optimal, dengan sumber tenaga yang kondisinya masih prima. 

Filter/Saringan
Ganti seluruh filter kendaraan dengan yang baru. Ganti filter udara untuk menghindarkan bagian mesin dari debu dan kotoran. Filter udara yang bagus memastikan aliran udara ke dalam mesin lancar, kinerjanya juga optimal. Ganti filter oli dan bensin, agar suplai cairan dan bahan bakar juga melalui saluran yang gres seperti mobil baru. 

Spareparts lain
Agar kondisi seluruh spareparts lebih optimal, lakukan perawatan tambahan. Seperti spooring dan balancing agar sudut roda depan dan putaran roda kembali stabil. Periksa juga komponen utama mesin mobil seperti busi dan AC, kalau perlu lakukan servis AC.

Related Articles

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Tak hanya manusia, mobil juga bisa kena ‘serangan jantung’, tiba-tiba mesin mati. Ini merupakan salah satu momok paling menyusahkan.

Sepatu keren memang ampuh banget menarik perhatian. Begitu pula saat mendandani motor, pelek dan ban kece, tampilan pun langsung ngangkat. Tapi hati-hati kalau motor terhitung canggih, telah dibekali fitur ABS (Anti-lock Braking System).

Related Products