Beli Aki Basah, Cairan Menyatu Atau Terpisah

17-July-2018

Category : Perlistrikan
Beli Aki Basah, Cairan Menyatu Atau Terpisah

Aki merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Aki merupakan sumber pasokan tenaga untuk semua komponen sistem kelistrikan motor, dari lampu, electric starter, klakson sampai alarm atau peranti security. Ketika aki rusak, maka kinerja berbagi komponen tersebut juga akan terganggu.

Kualitas dan kemudahan penanganan merupakan salah satu aspek terpenting ketika memilih aki motor. Agar semua komponen kelistrikan bisa bekerja optimal, motor membutuhkan pasokan listrik yang stabil. Hal ini bisa diperoleh dari aki motor berkualitas.

“Aki kami diproduksi dengan teknologi robotik. Ini menjamin proses yang continous, stabil, akurat dan presisi untuk setiap unit aki yang kami produksi,” kata Boenjamin Sendjaja, Product Development Manager Indoparts.

Mau pakai aki basah atau kering, pastikan Anda mengenal betul karakter tiap aki pilihan Anda. Motor baru atau injeksi, akan lebih optimal dengan aki kering atau Maintenance Free (MF). Sementara kalau Anda pengguna aki basah, sebaiknya pahami soal cairan elektrolit atau air aki.

Pengguna aki basah mesti memperhatikan dengan cermat komponen ini, cairan aki atau elektrolit (accuzuur). Pastikan kualitas accuzuur atau air aki, gunakan produk yang terjamin kemurniannya. Perhatikan level ketinggian, harus selalu diantara garis minimal dan maksimal untuk mencegah aki kehabisan cairan elektrolit sehingga berakibat aki menjadi cepat rusak.

“Lebih baik membeli aki yang cairannya terpisah, tidak diisi di pabrik. Umurnya akan lebih panjang, karena aki baru akan aktif pada saat cairan diisikan ke aki oleh konsumen. Kalau diisi di pabrik, kita tidak tahu berapa lama aki tersebut menjalani proses penyimpanan dan distribusi sampai akhirnya berada di tangan konsumen,” lanjut Boenjamin.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Rantai merupakan salah satu komponen penting buat sepeda motor, karena fungsinya untuk meneruskan tenaga dari mesin untuk menggerakan roda. Karena komponen ini senantiasa bergerak, maka rantai akan mengalami berbagai masalah.

Banyak informasi mengatakan jika nitrogen lebih baik dibandingkan angin biasa untuk mengisi ban motor.Misalnya dirasa lebih enteng pada kecepatan tinggi sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar, membuat umur ban lebih tahan lama, dan lain sebagainya.

Related Products