Beli Aki Basah, Cairan Menyatu Atau Terpisah

17-July-2018

Category : Perlistrikan
Beli Aki Basah, Cairan Menyatu Atau Terpisah

Aki merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Aki merupakan sumber pasokan tenaga untuk semua komponen sistem kelistrikan motor, dari lampu, electric starter, klakson sampai alarm atau peranti security. Ketika aki rusak, maka kinerja berbagi komponen tersebut juga akan terganggu.

Kualitas dan kemudahan penanganan merupakan salah satu aspek terpenting ketika memilih aki motor. Agar semua komponen kelistrikan bisa bekerja optimal, motor membutuhkan pasokan listrik yang stabil. Hal ini bisa diperoleh dari aki motor berkualitas.

“Aki kami diproduksi dengan teknologi robotik. Ini menjamin proses yang continous, stabil, akurat dan presisi untuk setiap unit aki yang kami produksi,” kata Boenjamin Sendjaja, Product Development Manager Indoparts.

Mau pakai aki basah atau kering, pastikan Anda mengenal betul karakter tiap aki pilihan Anda. Motor baru atau injeksi, akan lebih optimal dengan aki kering atau Maintenance Free (MF). Sementara kalau Anda pengguna aki basah, sebaiknya pahami soal cairan elektrolit atau air aki.

Pengguna aki basah mesti memperhatikan dengan cermat komponen ini, cairan aki atau elektrolit (accuzuur). Pastikan kualitas accuzuur atau air aki, gunakan produk yang terjamin kemurniannya. Perhatikan level ketinggian, harus selalu diantara garis minimal dan maksimal untuk mencegah aki kehabisan cairan elektrolit sehingga berakibat aki menjadi cepat rusak.

“Lebih baik membeli aki yang cairannya terpisah, tidak diisi di pabrik. Umurnya akan lebih panjang, karena aki baru akan aktif pada saat cairan diisikan ke aki oleh konsumen. Kalau diisi di pabrik, kita tidak tahu berapa lama aki tersebut menjalani proses penyimpanan dan distribusi sampai akhirnya berada di tangan konsumen,” lanjut Boenjamin.

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products