DOT 3, 4 Atau 5.1, Mana Paling Pas?

22-July-2018

Category : Pengereman
DOT 3, 4 Atau 5.1, Mana Paling Pas?

Salah satu cara terbaik merawat rem kendaraan kita adalah, dengan memakai minyak rem yang ‘terbaik’.

Minyak rem terbaik, artinya minyak rem yang memiliki spesifikasi yang tepat untuk kendaraan kita. Patokannya satuan DOT, kependekan dari Department of Transportation.

 

Angka DOT berhubungan dengan titik didih minyak rem. Semakin tinggi angka DOT pada minyak rem, semakin tidak mudah mendidih. Pilihan yang terbaik, pilih sesuai kebutuhan dan spesifikasi komponen rem di kendaraan Anda. Di Indonesia standar minyak rem yang direkomendasi adalah DOT 3 atau DOT 4 dan DOT tertinggi adalah 5.1. Apa bedanya sih?

 

Minyak rem DOT 2, menggunakan bahan dasar castor oli. Sementara minyak rem DOT 3, DOT 4, dan DOT 5.1, bahan dasarnya terdiri dari beberapa mineral oil, glycol esters dan ethers, ada juga yang menggunakan synthetic oil.

 

DOT 3 dan DOT 4 mudah sekali menyerap uap air atau air dari atmosphere. Akibatnya, kinerja rem kurang optimal karena adanya air pada oli rem yang menyebabkan titik didih rem menurun. Masalah lainnya, karat pada sistem rem.

 

DOT 5 sering juga disebut minyak rem silikon, dibuat dengan bahan dasar silikon. Minyak rem jenis ini dibuat untuk mengatasi masalah adanya penyerapan air. Silikon tidak bersifat menyerap air, titik didihnya lebih tinggi dan stabil dan tidak memicu korosi.

 

Namun DOT 5 juga memiliki kelemahan yaitu kemampuan pelumasnya sangat kurang di saat temperatur tinggi. Gesekannya besar, akibatnya diperlukan tenaga yang lebih besar saat menekan rem agar sistem rem bekerja. Dari sinilah muncul istilah ‘rem keras’.

 

Kekurangan lainnya, silikon tidak punya daya lumas seperti glycol, sehingga tidak cocok untuk mobil yang dilengkapi ABS. DOT 5 juga tidak bisa menggantikan DOT lainnya. Karena tidak menyerap air, kelembaban sistem hidrolik akan mengumpul pada satu bagian. Ini menyebabkan korosi terlokalisasi. Sudah begitu, titik didihnya lebih rendah dibandingkan DOT 4 tapi harganya dua kali lebih mahal dan lebih sulit ditemukan di toko biasa.

 

DOT 5.1 hampir sama dengan DOT 3 dan DOT 4 yang menggunakan dasar glycol dan aditif borate ester. Tetapi komposisi aditif untuk DOT 5.1 adalah berkisar 70-80 %. Dengan kisaran seperti itu, membuat titik didih DOT 5.1 lebih tinggi dibanding DOT 3 dan DOT 4.

 

DOT-5.1 juga kompatibel dengan formulasi karet rem. Tapi, bahan utamanya bukan silicon, sehingga akan menyerap air. Seperti halnya DOT-3 dan DOT-4, minyak rem ini akan merusak cat.

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products