5 Langkah Bikin Mesin Tetap Kinclong

19-July-2018

Category : Mesin
5 Langkah Bikin Mesin Tetap Kinclong

Kebersihan mesin motor merupakan salah satu syarat penting untuk menjaga performa motor. Tak hanya penampilan penunggangnya, mesin yang bersih juga menjaga performanya dan semua spare parts motor. Dari mesin yang bersih, terdapat spare parts motor yang sehat dan bekerja dengan optimal.

Mesin merupakan bagian motor yang berada di bagian luar dan terpapar langsung dengan udara, air dan berbagai hal lain. Kotoran motor bisa berasal dari debu, tanah, rembesan oli hingga air hujan yang sifatnya asam. Rembesan oli, membuat debu dan tanah makin mudah menempel.

 

Sementara air dan besi, komponen utama mesin, bila tidak segera dibersihkan lama-lama akan bereaksi dan menghasilkan karat. Karat bisa merusak performa hingga kualitas mesin dan spare parts motor. Jangan tunggu sampai rusak dan harus ganti spare parts motor. Segera bersihkan dengan jurus-jurus berikut.

 

1. Air Detergen

Langkah ini berguna untuk membedakan bagian mesin yang bisa dibersihkan dengan mudah, yaitu dengan air detegen dan bagian yang membutuhkan cairan khusus. Kotoran biasa seperti tanah atau debu akan segera hilang dengan cairan detergen. Sementara karat atau kotoran berminyak seperti oli, akan segera terlihat. Bersihkan dengan langkah berikutnya.

 

2. Bensin atau Solar

Ini berguna untuk membersihkan kotoran oli di sela- sela mesin, seperti sisa oli. Gunakan kuas atau sikat gigi bekas.

 

3. Pembersih Wastafel/Keramik

Pembersih kamar mandi terkenal ampuh menghilangkan noda. Cairan ini bisa berguna untuk membersihkan kerak yang menempel di mesin. Gunakan sikat yang lebih keras, seperti sikat kawat, karena kerak menempel dengan lebih kuat. 

 

4. Asam Cuka

Cuka yang biasa kita tambahkan di mangkok bakso kita, ternyata ampuh menjaga kebersihan mesin motor. Zat asam yang terkandung di dalamnya mampu meluruhkan karat hasil oksdasi besi dengan oksigen. Sikat pada bagian mesin yang berkarat dengan sikat gigi bekas. Hati-hati, jangan sampai terkena cat. Karena bisa bikin belang.

 

5. Amplas

Lakukan langkah ini bila karat sudah cukup parah. Gunakan amplas halus, gosok bagian yang berkarat hingga kinclong kembali.

Related Articles

Musim hujan berarti waktunya waspada tikus masuk ke mobil. Karena ruang mesin mobil senantiasa panas, maka hewan pengerat tersebut mencari ruangan untuk menghangatkan tubuhnya. Dan ruang mesin adalah tempat yang dipilih tikus untuk berlindung selama hujan.

Tahukah Anda jika ban tidak sesederhana kelihatannya. Faktanya pada sebuah ban terdapat beberapa kode dan simbol yang wajib diketahui. Kode dan simbol tersebut tak hanya menerangkan seputar spesifikasinya saja, namun juga performa ban saat dipakai.

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Related Products