5 Langkah Bikin Mesin Tetap Kinclong

19-July-2018

Category : Mesin
5 Langkah Bikin Mesin Tetap Kinclong

Kebersihan mesin motor merupakan salah satu syarat penting untuk menjaga performa motor. Tak hanya penampilan penunggangnya, mesin yang bersih juga menjaga performanya dan semua spare parts motor. Dari mesin yang bersih, terdapat spare parts motor yang sehat dan bekerja dengan optimal.

Mesin merupakan bagian motor yang berada di bagian luar dan terpapar langsung dengan udara, air dan berbagai hal lain. Kotoran motor bisa berasal dari debu, tanah, rembesan oli hingga air hujan yang sifatnya asam. Rembesan oli, membuat debu dan tanah makin mudah menempel.

 

Sementara air dan besi, komponen utama mesin, bila tidak segera dibersihkan lama-lama akan bereaksi dan menghasilkan karat. Karat bisa merusak performa hingga kualitas mesin dan spare parts motor. Jangan tunggu sampai rusak dan harus ganti spare parts motor. Segera bersihkan dengan jurus-jurus berikut.

 

1. Air Detergen

Langkah ini berguna untuk membedakan bagian mesin yang bisa dibersihkan dengan mudah, yaitu dengan air detegen dan bagian yang membutuhkan cairan khusus. Kotoran biasa seperti tanah atau debu akan segera hilang dengan cairan detergen. Sementara karat atau kotoran berminyak seperti oli, akan segera terlihat. Bersihkan dengan langkah berikutnya.

 

2. Bensin atau Solar

Ini berguna untuk membersihkan kotoran oli di sela- sela mesin, seperti sisa oli. Gunakan kuas atau sikat gigi bekas.

 

3. Pembersih Wastafel/Keramik

Pembersih kamar mandi terkenal ampuh menghilangkan noda. Cairan ini bisa berguna untuk membersihkan kerak yang menempel di mesin. Gunakan sikat yang lebih keras, seperti sikat kawat, karena kerak menempel dengan lebih kuat. 

 

4. Asam Cuka

Cuka yang biasa kita tambahkan di mangkok bakso kita, ternyata ampuh menjaga kebersihan mesin motor. Zat asam yang terkandung di dalamnya mampu meluruhkan karat hasil oksdasi besi dengan oksigen. Sikat pada bagian mesin yang berkarat dengan sikat gigi bekas. Hati-hati, jangan sampai terkena cat. Karena bisa bikin belang.

 

5. Amplas

Lakukan langkah ini bila karat sudah cukup parah. Gunakan amplas halus, gosok bagian yang berkarat hingga kinclong kembali.

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products