Rekomendasi Mudik, Pilih Ban Touring

11-June-2018

Category : Roda & Ban
Rekomendasi Mudik, Pilih Ban Touring

Siap berangkat mudik? Jangan lupa, tanggalkan dulu ‘sepatu’ trendi motor kesayangan. Istirahatkan dulu, simpan ban ekstra lebar atau super tipis yang bikin motor jadi pusat perhatian di tempat nongkrong.

Ganti ban motor Anda dengan tapak kaki yang lebih sesuai, ban touring. Biar lebih gampang saat belanja, berikut panduan memilih ban touring buat mudik besok...

 

Alur

Ini opsi paling gampang, ban standar. Ban ini dirancang dengan tapak yang aman digunakan untuk kondisi jalanan kering maupun basah. Ban standar dirancang untuk menghadai berbagai kondisi jalan raya dan kondisi cuaca. Ban dengan alur yang terlalu sedikit, lebih cocok untuk jalanan kering. Sehingga berisiko tergelincir saat melewati genangan atau jalanan berpasir, khususnya ketika berbelok.

Biasanya pabrik memproduksi ban dengan alur yang miring atau menyamping dengan sudut 45 derajat dari depan ke belakang. Ini bertujuan untuk menyingkirkan air ke samping dan permukaan ban tetap mencengkeram permukaan jalan. Alur ini yang membuat motor lebih tenang dan anda tetap memegang kendali motor walaupun jalanan basah.

 

Ukuran

Pilih ukuran standar sesuai dimensi pelek atau samakan dengan ukuran ban bawaan pabrik. Kalau ingin menambah lebar ban, pilihlah yang ukurannya hanya naik 1 hingga 2 ukuran. Contohnya lebar standar menggunakan 80/90, Anda dapat menggantinya menjadi 90/90. Jangan terlalu lebar karena jadi sulit manuver, motor lebih berat ketika berbelok dan boros bahan bakar.

 

Tahun Produksi

Ini tertera pada kode ban di dinding samping ban. Umumnya angka ini terletak dalam garis oval, terdiri dari empat angka. Misalnya tertulis angka 1712, artinya ban dibuat pada minggu ke-17 tahun 2012. Pilih ban yang tidak terlalu jauh antara masa pembelian dan masa produksinya.

Biasanya ban memproduksi ban dengan masa kadaluarsa 5 tahun sejak diproduksi. Jangan tergoda tawaran harga murah atau diskon. Karena ban yang terlalu lama di simpan walaupun belum pernah dipakai, akan berkurang kelenturan serta kekuatannya. Risiko retak dan robek pun meningkat.

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products