4 Tanda Kudu Ganti Kampas Rem

04-July-2018

Category : Pengereman
4 Tanda Kudu Ganti Kampas Rem

Kampas rem merupakan komponen penting untuk keselamatan. Pastikan sebelum berangkat mudik atau liburan, bagian ini dalam kondisi prima.

Tak hanya secara visual, penurunan kualitas dan performa kampas rem bisa dirasakan dengan jelas saat pemakaian. Kalau Anda mengalami hal-hal berikut saat berkendara atau pengereman, ini pertanda waktunya belanja komponen rem. Segera ganti kampas rem Anda.

 

Kedalaman Rem

Pijakan rem semakin dalam, jauh dari biasanya. Ini pertanda kalau kampas rem sudah aus.

 

Rem Bergetar

Saat berkendara dalam kecepatan tinggi, lalu pedal rem terasa bergetar saat pengereman? Ini pertanda kampas rem mulai menipis. Getaran terjadi karena permukaan kampas rem yang mulai aus tersebut tidak rata, sehingga saat cengkeraman pada piringan cakram tidak sempurna. Efeknya getaran pada pedal, bahkan bisa sampai setir. 

 

Suara Berdecit

Saat pengereman terjadi suara berdecit? Ini merupakan suara gesekan logam, karena kampas rem sudah habis, yang tersisa hanya bagian besi dan bergesekan dengan cakram rem.

 

Minyak Rem

Yuk buka kap mesin, cek minyak rem. Kalau berkurang sementara tidak terjadi kebocoran, ini pertanda kampas rem sudah mulai habis.

Kalau tanda-tanda ini muncul, sebaiknya periksa ketebalan kampas rem mobil Anda. Kalau ternyata masih tebal, mungkin hanya perlu dibersihkan dari kotoran. Tapi kalau tidak yakin atau memang sudah menipis, waktunya mengganti kampas rem mobil.

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products