4 Tanda Kudu Ganti Kampas Rem

04-July-2018

Category : Pengereman
4 Tanda Kudu Ganti Kampas Rem

Kampas rem merupakan komponen penting untuk keselamatan. Pastikan sebelum berangkat mudik atau liburan, bagian ini dalam kondisi prima.

Tak hanya secara visual, penurunan kualitas dan performa kampas rem bisa dirasakan dengan jelas saat pemakaian. Kalau Anda mengalami hal-hal berikut saat berkendara atau pengereman, ini pertanda waktunya belanja komponen rem. Segera ganti kampas rem Anda.

 

Kedalaman Rem

Pijakan rem semakin dalam, jauh dari biasanya. Ini pertanda kalau kampas rem sudah aus.

 

Rem Bergetar

Saat berkendara dalam kecepatan tinggi, lalu pedal rem terasa bergetar saat pengereman? Ini pertanda kampas rem mulai menipis. Getaran terjadi karena permukaan kampas rem yang mulai aus tersebut tidak rata, sehingga saat cengkeraman pada piringan cakram tidak sempurna. Efeknya getaran pada pedal, bahkan bisa sampai setir. 

 

Suara Berdecit

Saat pengereman terjadi suara berdecit? Ini merupakan suara gesekan logam, karena kampas rem sudah habis, yang tersisa hanya bagian besi dan bergesekan dengan cakram rem.

 

Minyak Rem

Yuk buka kap mesin, cek minyak rem. Kalau berkurang sementara tidak terjadi kebocoran, ini pertanda kampas rem sudah mulai habis.

Kalau tanda-tanda ini muncul, sebaiknya periksa ketebalan kampas rem mobil Anda. Kalau ternyata masih tebal, mungkin hanya perlu dibersihkan dari kotoran. Tapi kalau tidak yakin atau memang sudah menipis, waktunya mengganti kampas rem mobil.

Related Articles

Musim hujan berarti waktunya waspada tikus masuk ke mobil. Karena ruang mesin mobil senantiasa panas, maka hewan pengerat tersebut mencari ruangan untuk menghangatkan tubuhnya. Dan ruang mesin adalah tempat yang dipilih tikus untuk berlindung selama hujan.

Tahukah Anda jika ban tidak sesederhana kelihatannya. Faktanya pada sebuah ban terdapat beberapa kode dan simbol yang wajib diketahui. Kode dan simbol tersebut tak hanya menerangkan seputar spesifikasinya saja, namun juga performa ban saat dipakai.

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Related Products