4 Tanda Kudu Ganti Kampas Rem

04-July-2018

Category : Pengereman
4 Tanda Kudu Ganti Kampas Rem

Kampas rem merupakan komponen penting untuk keselamatan. Pastikan sebelum berangkat mudik atau liburan, bagian ini dalam kondisi prima.

Tak hanya secara visual, penurunan kualitas dan performa kampas rem bisa dirasakan dengan jelas saat pemakaian. Kalau Anda mengalami hal-hal berikut saat berkendara atau pengereman, ini pertanda waktunya belanja komponen rem. Segera ganti kampas rem Anda.

 

Kedalaman Rem

Pijakan rem semakin dalam, jauh dari biasanya. Ini pertanda kalau kampas rem sudah aus.

 

Rem Bergetar

Saat berkendara dalam kecepatan tinggi, lalu pedal rem terasa bergetar saat pengereman? Ini pertanda kampas rem mulai menipis. Getaran terjadi karena permukaan kampas rem yang mulai aus tersebut tidak rata, sehingga saat cengkeraman pada piringan cakram tidak sempurna. Efeknya getaran pada pedal, bahkan bisa sampai setir. 

 

Suara Berdecit

Saat pengereman terjadi suara berdecit? Ini merupakan suara gesekan logam, karena kampas rem sudah habis, yang tersisa hanya bagian besi dan bergesekan dengan cakram rem.

 

Minyak Rem

Yuk buka kap mesin, cek minyak rem. Kalau berkurang sementara tidak terjadi kebocoran, ini pertanda kampas rem sudah mulai habis.

Kalau tanda-tanda ini muncul, sebaiknya periksa ketebalan kampas rem mobil Anda. Kalau ternyata masih tebal, mungkin hanya perlu dibersihkan dari kotoran. Tapi kalau tidak yakin atau memang sudah menipis, waktunya mengganti kampas rem mobil.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products