Dengungan ‘Misterius’, Laher Atau Ban?

27-May-2018

Category : Bearing
Dengungan ‘Misterius’, Laher Atau Ban?

Beberapa masalah atau kerusakan komponen mobil sebenarnya bisa dideteksi sendiri. Syaratnya, mau mendengarkan. Salah satunya, suara dengungan yang muncul dari area kaki-kaki saat mobil bergerak, padahal permukaan jalan mulus. Ada beberapa kemungkinan yang memicu munculnya dengungan ‘misterius’ ini.

Kemungkinan pertama, dengungan muncul karena masalah ban. Permukaan atau tapak ban yang tidak rata, bergelombang, sebagian botak atau ban tidak balance, memunculkan suara berdengung saat mobil bergerak cukup kencang. Biasanya saat mencapa 40 km/jam atau lebih. Suara dengungan ini terjadi akibat getaran ban.

 

Kalau gelombang atau permukaan ban yang tidak rata makin luas, masalah yang muncul tidak hanya mengganggu telinga. Mobil jadi tidak stabil, terasa goyang atau oleng. Padahal tekanan ban semua dalam kondisi baik.

 

Sumber dengungan yang lain adalah laher atau bearing roda. Suara dengungan akan makin keras, seiring dengan meningkatnya kecepatan mobil. Penyebabnya karat, benturan dan kelebihan beban. Mobil yang tidak dibersihkan secara teratur, terutama setelah melewati genangan atau banjir, air yang masuk komponen laher lama-lama memicu karat dan jadi keropos.

 

Kebiasaan menggeber mobil saat melewati jalanan berlubang, polisi tidur atau benjolan juga memicu laher cepat rusak karena roda sering mendapat benturan keras. Begitu pula beban berlebih atau overload. Ini sering sekali terjadi di musim mudik, baik karena penumpang atau bawaan, beratnya melewati batas maksimum komponen kendaraan.

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products