Dengungan ‘Misterius’, Laher Atau Ban?

27-May-2018

Category : Bearing
Dengungan ‘Misterius’, Laher Atau Ban?

Beberapa masalah atau kerusakan komponen mobil sebenarnya bisa dideteksi sendiri. Syaratnya, mau mendengarkan. Salah satunya, suara dengungan yang muncul dari area kaki-kaki saat mobil bergerak, padahal permukaan jalan mulus. Ada beberapa kemungkinan yang memicu munculnya dengungan ‘misterius’ ini.

Kemungkinan pertama, dengungan muncul karena masalah ban. Permukaan atau tapak ban yang tidak rata, bergelombang, sebagian botak atau ban tidak balance, memunculkan suara berdengung saat mobil bergerak cukup kencang. Biasanya saat mencapa 40 km/jam atau lebih. Suara dengungan ini terjadi akibat getaran ban.

 

Kalau gelombang atau permukaan ban yang tidak rata makin luas, masalah yang muncul tidak hanya mengganggu telinga. Mobil jadi tidak stabil, terasa goyang atau oleng. Padahal tekanan ban semua dalam kondisi baik.

 

Sumber dengungan yang lain adalah laher atau bearing roda. Suara dengungan akan makin keras, seiring dengan meningkatnya kecepatan mobil. Penyebabnya karat, benturan dan kelebihan beban. Mobil yang tidak dibersihkan secara teratur, terutama setelah melewati genangan atau banjir, air yang masuk komponen laher lama-lama memicu karat dan jadi keropos.

 

Kebiasaan menggeber mobil saat melewati jalanan berlubang, polisi tidur atau benjolan juga memicu laher cepat rusak karena roda sering mendapat benturan keras. Begitu pula beban berlebih atau overload. Ini sering sekali terjadi di musim mudik, baik karena penumpang atau bawaan, beratnya melewati batas maksimum komponen kendaraan.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products