Ban Dalam Wajib Diganti 6 Bulan Sekali!

14-February-2019

Category : Roda & Ban
Ban Dalam Wajib Diganti 6 Bulan Sekali!

Meski saat ini peredaran ban tubeless untuk sepeda motor sudah menjamur, tapi pengguna si “karet bundar” model konvensional dengan ban dalam juga masih banyak. Terutama untuk motor-motor yang menggunakan pelek model jari-jari.

Perlu diketahui, penggunaan ban dalam ternyata juga memiliki masa pakai. Meski tidak pernah bermasalah, atau sering ditambal, tapi waktu maksimum penggunaannya tidak boleh sampai bertahun-tahun. Periode penggantian ban dalam yang direkomendasikan adalah 6 bulan sekali atau 1 kali penggantian ban luar, 2 kali penggantian ban dalam. 

Ada banyak faktor yang membuat bandalam wajib diganti secara periodik. Meski kondisi permukaan ban dalam masih mulus bukan berarti kondisi materialnya juga bagus. Penggunaan motor yang sering mengangkut barang bawaan berlebih sampai suhu udara yang tidak stabil juga berperan pada kualitas ban dalam. Lama-kelamaan akan membuat elastisitas karet ban dalam rusak.

Maka dengan pergantian ban dalam yang teratur akan memberikan keuntungan bagi pengendara motor, minimal membuat lapisan lebih kuat sehingga tidak mudah bocor yang bisa merepotkan. Terlebih jika yang dipilih adalah ban dalam berkualitas, seperti Indotire Flexytube.

Pasalnya beberapa keunggulan sudah diterapkan dalam ban dalam Indotire Flexytube. Ban dalam Indotire  Flexytube diproduksi dengan bahan utama karet alam sehingga ban dalam memiliki elastisitas tinggi dan dapat ditambal dengan mudah.

Ban dalam dengan material utama karet alam umumnya lebih awet karena menggunakan materialnya cenderung lebih tahan terhadap perubahan suhu, memiliki elastisitas yang baik, serta tidak mudah mulur atau berubah bentuk. Sehingga membuat umur pemakaiannya pun lebih panjang.
 

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products