Perhatikan Langkah-langkah Ini Untuk Mencegah Sproket Cepat Aus

02-February-2019

Category : Rantai & Belt
Perhatikan Langkah-langkah Ini Untuk Mencegah Sproket Cepat Aus

Gear (sprocket) termasuk salah satu komponen gerak vital pada sepeda motor. Fungsinya tak terpisahkan dari rantai sebagai penghubung tenaga mesin ke putaran roda belakang, sehingga motor bisa berjalan.

Karena itu jangan lalai memerhatikan komponen ini, jangan biarkan kondisinya aus karena bisa sangat merepotkan jika terjadi kendala di jalan. Untuk itu sebaiknya Anda jangan melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mencegah sprocket cepat aus:


1. Proses pengencangan rantai tidak center

Karena gear bersentuhan langsung dengan rantai, maka proses pengencangan setelan rantai yang tidak benar/center akan membuat permukaan sprocket menjadi tidak rata. Karena itu pastikan jarak kiri kanan arm sama jarak setelannya. Setelah itu pastikan baut hub roda benar-benar kencang dan penyangga arm terikat dengan pas sebelum dikencangkan. 

2. Rantai kering

Pelumasan pada rantai berfungsi meminimalisir gesekan dengan gear. Ketika gesekan minim maka daya untuk saling tarik-menarik antarrantai menjadi kecil sehingga licin, mudah berputar dan bebannya kecil. Namun sebaliknya, jika rantai kekeringan pelumas tak hanya akan menyebabkan rantai cepat kendor, tetapi gesekan dengan sprocket menjadi lebih kasar. 

3. Berkendara stop and go

Perilaku pengendara yang sering stop and go mendadak juga bisa menjadi pemicu sprocket cepat aus. Hal ini karena rantai akan menarik gear dengan kekuatan besar, sehingga tak hanya membuat cekungan gigi yang lebih dalam pada sprocket namun berpotensi membuat baut penahan gear longgar dan mulai bergeser dari tempatnya.

4. Beban berlebih

Beban berlebihan akan menyiksa rantai dan gear depan dan belakang. Berat yang melebihi batas toleransi, memaksa kedua komponen ini menghasilkan gerak dengan beban yang lebih besar juga. Daya akan berakhir di roda yang menghasilkan gerakan. Sementara rantai akan lebih banyak bergesekan dengan sprocket, dengan laju yang tidak berimbang. Gear depan dan belakang jadi cepat aus.

 

Foto: Shutterstock/trek6500
 

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products