Ketahui Ciri-ciri Kampas Rem Sepeda Motor Apkir Agar Selamat

06-February-2019

Category : Pengereman
Ketahui Ciri-ciri Kampas Rem Sepeda Motor Apkir Agar Selamat

Rem merupakan komponen vital pada kendaraan. Tanpa didukung performa bagus dijamin pengendara tak akan merasa aman dan nyaman selama melakukan perjalanan.

Apalagi untuk sepeda motor yang tidak didukung engine brake dan sistem pemidah daya (umumnya ada pada sepeda motor skutik), sistem pengereman merupakan satu-satunya cara deselerasi.

Nah, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, maka wajib hukumnya selalu memeriksa kondisi rem tetap prima. Caranya dengan mengetahui secara dini ciri-ciri fisik dan non fisik kalau kampas rem sudah mulai habis. Berikut ini adalah tanda-tanda rem mulai habis atau bermasalah.

Rem Cakram
Kampas rem tipis atau bermasalah ciri-cirinya bisa dirasakan kalau posisi tuas rem semakin dalam saat ditekan. Apalagi pada saat tuas ditekan, motor masih meluncur. Biar lebih yakin, coba lihat dari wadah minyak rem. Jika posisi minyak di bawah tulisan lower level, itu tanda kampas rem mulai tipis.

Rem Teromol
Sementara buat rem teromol, indikasi kampas rem mulai tipis bisa dirasakan pengereman sudah tak pakem. Lantas jika dilihat permukaan kampas bagian paling atas sudah tipis (tidak melengkung lagi), dan ketebalannya mendekati jarak 1,5 mm. Tanda lain kampas rem teromol mulai habis bisa melihat tanda panah di dekat batang pengukit pada panel rem.

Jika tanda-tanda di atas sudah didapati, maka sebaiknya segera mengganti kampas rem motor Anda demi keselamatan dan kenyamanan berkendara.

 

Foto: iStock Photo/dangrytsku

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products