Sokbreker Bocor Apa Tandanya?

08-January-2019

Category : Suspensi
Sokbreker Bocor Apa Tandanya?

Seperti komponen lain, sokbreker juga memerlukan perhatian dan perawatan. Jangan lupa sering melakukan pengecekan agar komponen yang termasuk fast moving ini dapat terus bekerja optimal.

Sokbreker atau shock absorber merupakan bagian suspensi mobil yang berjasa meredam getaran dan kejutan akibat permukaan jalan tak rata. Sehingga penumpang tetap nyaman dan tenang selama berada di dalam kabin.

Seperti komponen lain, sokbreker juga memerlukan perhatian dan perawatan. Jangan lupa sering melakukan pengecekan agar komponen yang termasuk fast moving ini dapat terus bekerja optimal.
Untuk memeriksa kondisi fisik sokbreker rusak atau tidak, tanda paling umum biasanya sudah terlihat adanya rembesan oli yang keluar dari dalam tabung.Kebocoran biasanya adalah tanda sokbreker butuh segera diganti. Biasanya disebabkankarena karet sil yang sobek atau as shock yang baret.

Selain melihat rembesan oli, indikasi berikut ini juga menjadi tanda bahwa sokbreker bocor. Di antaranya dengan melihat permukaan ban. Ketika ban aus dengan permukaan yang tidak rata, maka bisa di pastikan ini adalah ciri sokbreker rusak. Ban yang menyentuh spakbor ketika melewati jalan tak rata juga bisa menjadi ciri sokbreker rusak karena kehabisan oli. 

Tanda berikutnya dapat terasa ketika melewati “polisi tidur” dengan ciri-ciri ayunan mobil yang terasa lebih cepat atau suspensi terasa memantul lebih dalam. Dan terakhir perhatikan ketinggian mobil yang tidak rata, karena ketidakseimbangan tinggi juga indikasi salah satu sokbreker bocor dan wajib segera diganti.
 

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products