Ikuti 3 Cara Ini Kalau Mau Ball Joint Panjang Umur

09-December-2018

Category : Steering
Ikuti 3 Cara Ini Kalau Mau Ball Joint Panjang Umur

Salah satu komponen sistem kemudi pada mobil yang vital fungsinya adalah ball joint. Jika komponen yang bekerja sebagai sumbu putaran roda ini rusak, jelas akan membuat kondisi berkendara tak lagi nyaman.

Kondisi tersebut dapat dirasakan ketika mobil diajak bermanuver atau ketika melalui lubang. Selain bunyi-bunyian, mobil juga akan berpotensi sulit dikendalikan. Maka kondisi ball joint wajib dijaga secara preventif sebelum mengganggu kenyamanan berkendara. Maka ikuti 3 cara ini kalau mau ball joint panjang umur:

1. Selalu pilih jalan yang permukaannya bagus. Semakin sering dikendarain melalui jalanan rusak, maka usia pakai ball joint akan semakin pendek. Hal ini karena kinerjanya semakin keras menerima bobot mobil secara lateral dan vertikal, sekaligus menghadapi permukaan jalan tak rata.

2. Jangan ganti pelek oversize. Meski buat sebagian orang ganti pelek akan membuat tampilanmobil lebih modis, namun penambahan ukurannya jangan melebihi yang disarankan. Maksimal dua angka di atas bawaan pabrik. Misalnya pelek asli 15 inci, berarti penggantian hanya bisa sampai 17 inci. Jangan lebih karena bakal membebani kerja ball joint.

3. Berkendara halus. Selalu mengemudi dengan perhitungan matang dan tidak kasar. Seperti ketika berkendara melalui jalan rusak atau bertemu lubang, jangan dihajar tapi perlakukan mobil dengan pelan dan lembut. Dengan begitu maka ball joint tidak kaget menerima entakan tiba-tiba dari lubang yang membuatnya cepat aus.

Related Articles

Musim hujan berarti waktunya waspada tikus masuk ke mobil. Karena ruang mesin mobil senantiasa panas, maka hewan pengerat tersebut mencari ruangan untuk menghangatkan tubuhnya. Dan ruang mesin adalah tempat yang dipilih tikus untuk berlindung selama hujan.

Tahukah Anda jika ban tidak sesederhana kelihatannya. Faktanya pada sebuah ban terdapat beberapa kode dan simbol yang wajib diketahui. Kode dan simbol tersebut tak hanya menerangkan seputar spesifikasinya saja, namun juga performa ban saat dipakai.

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Related Products