Pentingnya Cek Kabel Kelistrikan, Cegah Korsleting!

08-December-2018

Category : Perlistrikan
Pentingnya Cek Kabel Kelistrikan, Cegah Korsleting!

Motor yang jarak tempuh pemakaiannya sudah tinggi atau umurnya di atas lima tahun, wajib cek kabel kelistrikannya untuk mencegah korsleting. Biasanya kerusakan mulai kelihatan dan akan menjalar sejalan dengan pemakaian yang tinggi. Misalnya karena kabel sudah mulai getas, keras, rapuh (korosi), oksidasi, dan kemungkinan soket-soketnya longgar.

Indikasi terjadinya oksidasi dan korosi pada kabel kelistrikan dapat dideteksi dengan mata telanjang. Biasanya, tembaga pada terminal soket atau konektor kabel mengalami penumpukan kerak yang dikuti dengan berubahnya warna tembaga menjadi hijau, biru, putih, atau hitam. Kerak yang menempel apabila dibiarkan akan merusak lapisan tembaga karena menjadi berkarat, lama kelamaan bagian tembaga akan termakan (korosi) dan getas yang pada akhirnya akan rapuh dan rusak.

Yang lebih berbahayanya lagi, tumpukan kerak akan menimbulkan hambatan atau resistansi yang tinggi sehingga menyebabkan beban arus listrik menjadi bertambah. Kondisi ini memaksa serabut kawat penghantar didalam kabel mengalirkan beban arus listrik diluar batas kemampuan daya hantarnya sehingga mengakibatkan kabel mengalami panas, lama kelamaan isolasi kabel akan meleleh atau terbakar, dan berujung pada terjadinya hubungan singkat atau korsleting.

Karena itu periksa kondisi kabel kelistrikan dari potensi terlepas, terjepit, luka, atau rusak. Jika terjadi kerusakan, untuk mengatasinya disarankan agar tidak menyambung kabel karena dapat mengakibatkan kebocoran arus listrik dan memicu terjadinya korsleting. Jadi sebaiknya ganti semua kabel sekaligus jika ditemukan ada kabel yang mengalami kerusakan.

Selain itu, periksa kondisi kontak terminal didalam soket dengan cara melepas semua soket sambungan kabel yang ada. Apabila ditemukan kontak terminal mengalami oksidasi atau karat maka bersihkan kontak terminal hingga terlihat lapisan logamnya dengan cara menyemprotkan cairan pembersih karat, bisa juga dengan menggunakan sikat kawat atau juga dengan amplas halus. Lalu kencangkan kembali soket-soketnya saat pemasangan.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products