4 Komponen Pemeriksaan Saat Service Rem

04-September-2018

Category : Pengereman
4 Komponen Pemeriksaan Saat Service Rem

Seperti halnya bagian mesin mobil atau motor lainnya, kita juga perlu melakukan service rem secara berkala.

Service ini diperlukan untuk memastikan seluruh komponen rem masih dalam kondisi baik, bersih dan dapat bekerja dengan optimal. Saat service rem, pemeriksaan biasanya dilakukan di 4 spare parts rem berikut ini.  

Membersihkan Debu Kampas Rem
Komponen rem pada bagian kampas rem, cakram rem atau tromol rem mesti dibersihkan dari kotoran. Tak hanya debu atau cipratan air, kotoran di spare parts ini juga berasal dari gesekan antara kampas rem dan cakram yang muncul saat proses pengereman. Kalau tidak dibersikan, debu-debu ini bisa bikin baret cakram.

Kondisi Sepatu Rem
Brake shoe merupakan komponen rem yang sangat rentan terhadap karat karena terkena air. Pemeriksaan dilakukan pada dudukan rem untuk memastikan sepatu rem dapat menekan kampas rem dengan baik, sehingga menghindari terjadinya gesekan yang kerap menimbulkan bunyi pada saat rem digunakan.

Minyak Rem
Penggantian minyak rem biasanya dilakukan setiap jarak 20 ribu kilometer. Penggantian ini wajib dilakukan secara rutin dan berkala agar kondisi rem tetap terjaga. 

Pemeriksaan ABS
Bila kendaraan telah dibekali fitur ABS (Antilock Brake System), teknologi ABS dapat memberitahu kondisi roda bila tidak berfungsi dengan baik melalui sensor-sensornya. Ini akan ditunjukan dengan indikator ABS yang menyala. Jangan abaikan bila kendaraan menunjukkan sinyal untuk segera melakukan servis atau pengecekan rem ini. 

Related Articles

Musim hujan berarti waktunya waspada tikus masuk ke mobil. Karena ruang mesin mobil senantiasa panas, maka hewan pengerat tersebut mencari ruangan untuk menghangatkan tubuhnya. Dan ruang mesin adalah tempat yang dipilih tikus untuk berlindung selama hujan.

Tahukah Anda jika ban tidak sesederhana kelihatannya. Faktanya pada sebuah ban terdapat beberapa kode dan simbol yang wajib diketahui. Kode dan simbol tersebut tak hanya menerangkan seputar spesifikasinya saja, namun juga performa ban saat dipakai.

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Related Products