Pilih Kampas Rem, City Driving atau Antar Kota?

02-September-2018

Category : Pengereman
Pilih Kampas Rem, City Driving atau Antar Kota?

Kampas rem atau brake shoe merupakan salah satu spare parts kendaraan yang terpenting. Kualitas dan kinerja komponen rem ini menentukan kenyamanan dan keselamatan, karena menjadi salah satu elemen kunci untuk menghentikan kendaraan.

Untuk memastikan kinerja komponen rem, pastikan selalu memilih kampas rem dengan kualitas terbaik, dan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya kendaraan untuk perjalanan antar kota atau city driving, tentu saja membutuhkan karakter jenis kampas rem yang berbeda. 

Kampas Rem Asbestos 
Kampas rem asbesostos merupakan salah satu spare parts motor dan mobil dan terbesar di pasar kampas rem aftermartket. Termasuk kampas rem asbestos Indoparts, yang menyediakan kampas rem aftermarket untuk berbagai jenis motor dan mobil. Kampas rem asbestos bisa jadi pilihan yang ekonomis, harganya lebih murah dibanding kampas rem non asbestos. 

Kampas rem asbestos Indoparts memiliki titik keausan sampai 250 derajat Celcius. Jadi jenis rem ini bisa jadi pilihan tepat bila kendaraan kita banyak dipakai untuk route dalam kota, dengan kecepatan rendah atau kemacetan. Pengereman dalam situasi ini tidak memicu kenaikan suhu tinggi, sehingga rem asbestos masih bekerja dengan performa terbaiknya. 

Kampas Rem Non Asbestos 
Berdasar material pembuatnya, kampas rem ini bisa masuk dalam berbagai kategori. Baik itu kampas rem organik maupun semi metal, intinya kampas rem tidak memakai bahan baku asbestos. Rem non asbestos bisa menahan panas akibat gesekan hingga antara 350-400 derajat Celcius. Artinya, makin tinggi kecepatan kendaraan yang bisa dihentikan dengan rem ini. 

Kampas rem non asbestos memakai komponan logam tambahan seperti besi hingga kevlar. Indoparts memakai material kuningan untuk rem non asbestosnya. 

Kuningan merupakan bahan logam yang memiliki karakter dengan perambatan panas yang lebih baik. Karakter ini sangat membantu proses pengereman. Karena pelepasan panasnya lebih baik, komponen rem jadi tidak cepat panas, oli jadi tidak cepat menguap dan habis, sehingga memicu rem blong.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products