02-September-2018
Category : PengeremanKampas rem atau brake shoe merupakan salah satu spare parts kendaraan yang terpenting. Kualitas dan kinerja komponen rem ini menentukan kenyamanan dan keselamatan, karena menjadi salah satu elemen kunci untuk menghentikan kendaraan.
Untuk memastikan kinerja komponen rem, pastikan selalu memilih kampas rem dengan kualitas terbaik, dan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya kendaraan untuk perjalanan antar kota atau city driving, tentu saja membutuhkan karakter jenis kampas rem yang berbeda.
Kampas Rem Asbestos
Kampas rem asbesostos merupakan salah satu spare parts motor dan mobil dan terbesar di pasar kampas rem aftermartket. Termasuk kampas rem asbestos Indoparts, yang menyediakan kampas rem aftermarket untuk berbagai jenis motor dan mobil. Kampas rem asbestos bisa jadi pilihan yang ekonomis, harganya lebih murah dibanding kampas rem non asbestos.
Kampas rem asbestos Indoparts memiliki titik keausan sampai 250 derajat Celcius. Jadi jenis rem ini bisa jadi pilihan tepat bila kendaraan kita banyak dipakai untuk route dalam kota, dengan kecepatan rendah atau kemacetan. Pengereman dalam situasi ini tidak memicu kenaikan suhu tinggi, sehingga rem asbestos masih bekerja dengan performa terbaiknya.
Kampas Rem Non Asbestos
Berdasar material pembuatnya, kampas rem ini bisa masuk dalam berbagai kategori. Baik itu kampas rem organik maupun semi metal, intinya kampas rem tidak memakai bahan baku asbestos. Rem non asbestos bisa menahan panas akibat gesekan hingga antara 350-400 derajat Celcius. Artinya, makin tinggi kecepatan kendaraan yang bisa dihentikan dengan rem ini.
Kampas rem non asbestos memakai komponan logam tambahan seperti besi hingga kevlar. Indoparts memakai material kuningan untuk rem non asbestosnya.
Kuningan merupakan bahan logam yang memiliki karakter dengan perambatan panas yang lebih baik. Karakter ini sangat membantu proses pengereman. Karena pelepasan panasnya lebih baik, komponen rem jadi tidak cepat panas, oli jadi tidak cepat menguap dan habis, sehingga memicu rem blong.