Jangan Abaikan Per Miring, Bikin Umur Pendek

29-July-2018

Category : Suspensi
Jangan Abaikan Per Miring, Bikin Umur Pendek

Shockbreaker motor kesayangan bermasalah? Sebenarnya, problem atau kerusakan pada sparepart motor seperti suspensi bisa dideteksi sejak awal, sebelum menjadi semakin parah.

Per miring yang dimaksud, antara as shockbreaker dengan per (outer spring) posisinya tidak center. Akibatnya per shockbreaker jadi bengkok atau miring dan bergesekan dengan as. Problem ini lama-lama bisa merusak seal dan as shockbreaker di dalamnya bocor. Usia pakai sok jadi lebih pendek.

 

Selain enggak enak dilihat, shockbreaker belakang miring akan mengganggu keseimbangan. Motor jadi kurang stabil, karena sokbreker tidak bisa meredam guncangan secara maksimal. Motor jadi limbung, terutama saat menikung. Selain itu, per miring juga membuat bantingan jadi keras. Karena saat bekerja, meredam guncangan, posisi per tidak lurus.

 

Masalah per miring yang berujung pada berbagai problem handling dan kenyamanan ini, biasanya berasal dari 3 hal.

 

Bos dan karet shockbreaker : getas atau karatan

Shockbreaker sebenarnya bergerak dalam beberapa arah, naik turun dan mengayun, ke depan dan belakang menyesuaikan kontur jalan. Saat beberapa bagian sistem suspensi seperti bos dan karetnya getas atau karatan, gerakan pada komponen yang sudah kaku ini lama kelamaan menyebabkan per miring bahkan bengkok.

 

Anting peninggi

Pendongkrak postur untuk meninggikan ground clearance ini menyimpan potensi masalah pada sistem suspensi motor. Shockbreaker jadi kaku, sementara harus tetap berayun, menjalankan fungsi peredamannya. Yang akan terjadi kemudian, antara shockbreaker miring atau anting patah.

 

Material buruk

Hati-hati mengganti shockbreaker bawaan pabrik dengan produk aftermarket. Pastikan mendapat sparepart motor yang berkualitas, tak hanya tampilan, tapi material dan ketahanan yang bagus.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products