Ban ‘Boros’ Angin, Cek Tapak Sampai Pentil

24-July-2018

Category : Roda & Ban
Ban ‘Boros’ Angin, Cek Tapak Sampai Pentil

Ban merupakan salah satu sparepart kendaraan yang paling penting. Tak hanya untuk kenyamanan, tapi juga keselamatan.

Ban merupakan satu-satunya sparepart mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Tak hanya kualitas, tapi tekanan ban mesti benar-benar pas.

 

Sementara sering terjadi, kita mengabaikan atau menganggap enteng ban kurang angin. Menunda mengisi angin lagi, karena mobil masih bisa bergerak. Pada dasarnya selama dipakai, dalam kondisi normal dan tanpa masalah pun tekanan ban lama-lama pasti akan berkurang.

 

Ban mobil atau motor terbuat dari karet, material yang memiliki pori-pori. Jadi lama-kelamaan pasti akan berkurang tekanannya. Tapi dalam kondisi bagus, penurunan tekanan tidak besaar, hanya berkisar 1 psi dalam waktu 1 bulan. Bisa lebih lama bila diiisi Nitrogen.

 

Yang mesti dicek lebih teliti, bila pengurangan tekanan terjadi berlebihan. Ban boros angin, minta diisi terus. Baru beberapa hari lalu diisi, tapi sudah kurang angin lagi. Jangan diabaikan, meskipun mobil masih bisa bergerak, masalah yang kelihatan sepele ini bisa jadi penanda masalah yang lebih besar.

 

Kemungkinan pertama, ban botak. Ban yang sudah tipis dan aus, akan lebih mudah terkelupas dan sensitif terhadap benda-benda tajam seperti kerikil atau kaca. Benda-benda ini lebih udah menancap di telapak ban dan menyebabkan bocor.

 

Ban masih bagus tapi tetap boros angin? Coba cek pelek, terutama bagian yang menempel langsung dengan ban, apakah ada kerusakan atau peyang. Jangan diabaikan, karena efeknya bisa terjadi dua arah. Ban yang kurang angin, bisa merusak atau membuat kerusakan pelek makin parah. Karena tidak cukup angin, ban tidak punya cukup kekuatan untuk meredam benturan. Apalagi kalau dalam kecepatan tinggi.

 

Pelek dan ban masih dalam kondisi bagus? Ini kadang terlewatkan, pentil. Sparepart mobil ini, walau kecil tapi efeknya besar. Kerusakan pentil bisa menyebabkan angin berkurang. Biasanya karena celah, longgar terpasang, atau rusak. Kerusakan pentil umumnya karena umur dan karat. Karet sudah aus, bagian logamnya berkarat, dan jadi jalan keluar angin atau bikin bocor halus.

Related Articles

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Tak hanya manusia, mobil juga bisa kena ‘serangan jantung’, tiba-tiba mesin mati. Ini merupakan salah satu momok paling menyusahkan.

Sepatu keren memang ampuh banget menarik perhatian. Begitu pula saat mendandani motor, pelek dan ban kece, tampilan pun langsung ngangkat. Tapi hati-hati kalau motor terhitung canggih, telah dibekali fitur ABS (Anti-lock Braking System).

Related Products