Sokbreaker Bocor Dan Kotoran, Kombinasi Fatal

11-July-2018

Category : Suspensi
Sokbreaker Bocor Dan Kotoran, Kombinasi Fatal

Ini problem yang bisa merepotkan saat perjalanan mudik, atau sesudahnya, sokbreaker bocor. Biasanya terjadi karena sil rusak.

Akibatnya tak hanya bikin oli rembes tapi bisa sampai fatal, merusak batang sokbreaker sehingga harus ganti sokbreaker motor.

Gejalanya bisa dilihat dan dirasakan saat motor dikendarai. Terjadi leleran oli di batang sokbreaker. Sementara saat dikendarai, motor mengayun lebih banyak atau limbung. Terutama di kecepatan tinggi, karena daya redamnya rusak. Motor juga terasa berat saat berbelok dan sokbreaker berbunyi saat pengereman.

 

Kebocoran oli sokbreaker bisa jadi makin parah, karena faktor kotoran. Saat sil sudah buruk dan terjadi kebocoran, kotoran, debu atau serpihan tanah atau pasir, jadi mudah masuk. Begitu partikel kotoran yang kasar ini sampai masuk ke dalam komponen sokbreaker, bisa memicu kerusakan batang sokbreaker, baret atau lecet di dalam. 

 

Batang sokbreker yang sudah baret, tidak bisa digunakan lagi dan mesti ganti komponen baru. Tandanya, sil sudah diganti yang baru, tapi tetap terjadi kebocoran. Ini karena tingkat kerapatannya sudah berkurang. Muncul celah akibat baret atau lecet di batang sokbreaker tersebut.

 

Jadi, jangan abaikan sokbreaker bocor. Jangan tunggu sampai mucul tanda-tanda rembes. Jaga kebersihan sambungan sil, jangan biarkan debu atau kotoran menempel apalagi sampai masuk ke celah sil dan batang. Rutin cek, apakah ada leleran oli atau gejala mengayun yang berbeda dari biasanya.

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products