TV Bikin Aki Mobil Tekor?

16-July-2018

Category : Perlistrikan
TV Bikin Aki Mobil Tekor?

Instalasi in car entertainment memang sangat membantu. Apalagi untuk yang sering menghabiskan waktu di tengah macet atau perjalanan jauh seperti liburan.

Film, musik sampai berita bisa dinikmati sepanjang jalan, apalagi kalau monitor atau TV-nya memanjakan mata alias cukup besar. Tapi banyak disebut, TV bikin aki mobil cepat tekor?

 

Mobil yang dilengkai perangkat audio video ekstra, memang membutuhkan suplai kelistrikan yang ekstra pula. Tak bisa lagi hanya mengandalkan sistem kelistrikan mobil atau aki standar.

 

Bayangkan mobil yang dilengkai head unit/DVD player, monitor plus subwoofer dan power amplifier untuk mendongkrak sistem audionya, dan semua membutuhkan daya listrik. Daya yang dihasilkan aki standar biasanya berkisar 360 Watt. Sudah jelas kan, kenapa aki jadi cepat tekor.

 

Tapi tenang, ini bisa diantisipasi dengan memperhatikan beberapa spareparts mobil di sistem kelistrikan.

 

Alternator

Spareparts mobil ini bertugas mengisi aki mobil. Gunakan alternator sesuai dengan beban listrik. Ganti dengan yang lebih besar atau tambahkan penguat bila beban sistem kelistrikan mobil juga lebih besar. Pastikan kebersihan, kekencangan dan kualitas soket kabel-kabelnya. Alternator yang sehat akan memastikan sistem kelistrikan mobil yang efisien, pasokan listrik pun lancar.

 

Kabel Aki

Gunakanlah kabel besar untuk suplai stroom untu power amplifier. Makin besar ukuran kabel akan makin bagus, karena aliran arus listrik juga lebih mudah.

 

Kabel Ground

Pastikan kualitasnya dan terpasang dengan baik. Penambahan kabel ground amat efektif untuk membuat arus listrik menjadi lebih stabil.

 

Capasitor Bank

Spareparts mobil ini menyimpan arus sementara dan menjaga suplai yang stabil.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products