Kode Keras, Motor Minta Ganti Kampas Kopling

18-May-2018

Category : Mesin
Kode Keras, Motor Minta Ganti Kampas Kopling

Jago Bengkel - Bagi pengguna motor sport, kampas kopling merupakan peranti penting. Komponen ini bertugas sebagai penghubung atau pemutus putaran mesin dengan sistem transmisi.

Ciri ciri kampas kopling motor habis, saat kondisinya tak lagi prima, performa dan efisiensi mesin pun jadi terganggu. Solusinya, mesti ganti kampas kopling.  Kampas kopling biasanya punya usia pakai antara 15.000 sampai 20.000 km. Tapi pada akhirnya usia pakai ditentukan lagi oleh pemakaian. Bisa kurang, bisa lebih.

Gejala-gejala kampas kopling aus cukup jelas, seperti selip dan bahan bakar boros. Berikut kode keras dari tunggangan kesayangan, Anda mesti beli kampas kopling baru.

 

1. Akselerasi Lemah

Motor jadi kurang responsif dan kurang tenaga, perlu waktu lama untuk mencapai tenaga maksimalnya. Kalau biasanya kecepatan 100 km/jam bisa dicapai dalam 10 detik saja, saat kampas kopling mulai aus jadi perlu 15 detik.

 

2. Selip

Ini paling ngeselin. Sudah lemah, perlu waktu lama buat mencapai performa maksimalnya, sering selip pula. Perpindahan transmisi tidak berlangsung mulus saat menambah kecepatan dan menaikkan gigi, atau seballiknya. Saat berhenti pun, transmisi sulit dipindahkan ke posisi Netral.

 

3. Putaran Mesin Tinggi

Saat kampas kopling makin tipis, perlu kecepatan tertentu dan putaran mesin tinggi untuk memindahkan gigi. Kalau biasanya 30 km/jam bisa dicapai di 4000 rpm, saat kampas kopling aus, jadi perlu 6000 rpm.

Related Articles

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Selama ini banyak salah kaprah soal penggunaan rem ABS (Anti-lock Braking System) di mobil-mobil modern. Sistem rem anti mengunci tersebut dipahami untuk memperpendek jarak pengereman, tidak sedikit pengemudi yang terlalu percaya diri dengan mengabaikan jarak pengereman dengan kendaraan di depan.

Related Products