Kode Keras, Motor Minta Ganti Kampas Kopling

18-May-2018

Category : Mesin
Kode Keras, Motor Minta Ganti Kampas Kopling

Bagi pengguna motor sport, kampas kopling merupakan peranti penting. Komponen ini bertugas sebagai penghubung atau pemutus putaran mesin dengan sistem transmisi.

Saat kondisinya tak lagi prima, performa dan efisiensi mesin pun jadi terganggu. Solusinya, mesti ganti kampas koplingKampas kopling biasanya punya usia pakai antara 15.000 sampai 20.000 km. Tapi pada akhirnya usia pakai ditentukan lagi oleh pemakaian. Bisa kurang, bisa lebih.

Gejala-gejala kampas kopling aus cukup jelas, seperti selip dan bahan bakar boros. Berikut kode keras dari tunggangan kesayangan, Anda mesti beli kampas kopling baru.

 

1. Akselerasi Lemah

Motor jadi kurang responsif dan kurang tenaga, perlu waktu lama untuk mencapai tenaga maksimalnya. Kalau biasanya kecepatan 100 km/jam bisa dicapai dalam 10 detik saja, saat kampas kopling mulai aus jadi perlu 15 detik.

 

2. Selip

Ini paling ngeselin. Sudah lemah, perlu waktu lama buat mencapai performa maksimalnya, sering selip pula. Perpindahan transmisi tidak berlangsung mulus saat menambah kecepatan dan menaikkan gigi, atau seballiknya. Saat berhenti pun, transmisi sulit dipindahkan ke posisi Netral.

 

3. Putaran Mesin Tinggi

Saat kampas kopling makin tipis, perlu kecepatan tertentu dan putaran mesin tinggi untuk memindahkan gigi. Kalau biasanya 30 km/jam bisa dicapai di 4000 rpm, saat kampas kopling aus, jadi perlu 6000 rpm.

Related Articles

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Tak hanya manusia, mobil juga bisa kena ‘serangan jantung’, tiba-tiba mesin mati. Ini merupakan salah satu momok paling menyusahkan.

Sepatu keren memang ampuh banget menarik perhatian. Begitu pula saat mendandani motor, pelek dan ban kece, tampilan pun langsung ngangkat. Tapi hati-hati kalau motor terhitung canggih, telah dibekali fitur ABS (Anti-lock Braking System).

Related Products